Inilah 5 Tips Agar Kucing Peliharaan Menjadi Penurut

Supriyono
Ilustrasi cara membuat kucing menjadi penurut (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Beberapa orang suka membanding-bandingkan kucing dan anjing. Katanya, kucing tidak sepatuh dan penurut seperti anjing, malah cenderung cuek. Benarkah begitu?

Kenyataannya, pemilik dapat melatih kucing agar menjadi penurut, kok. Kamu perlu menyiapkan kesabaran dan konsistensi. Yuk coba trik ini di dalam rumah!

Latihlah semenjak usia anak-anak

Latihlah kucing sedini mungkin agar dia dapat belajar dan menghormati batas.

Tentunya, kamu tidak ingin punya kucing yg suka mengobrak-abrik tempat sampah, mencakar sofa, atau terus-terusan melompat ke atas meja dan berbaring di atas laptopmu, kan?

Melatih kucing sejak dari awal bermanfaat untuk mengajari ketrampilan dan sikap sosial yang bagus, perkuat ikatan (bonding) dengan pemiliknya, dan jaga pikiran dan badannya supaya masih tetap aktif.

Diperoleh keterangan bahwa waktu yang tepat untuk memulai latih anak kucing semenjak usia dua minggu. Atau sesudah anak kucing dapat berjalan dengan stabil dan tidak lagi sempoyongan.

Siapkan cemilan, mainan atau catnip sebagai hadiah

Sebelum mulai melatih, persiapkan dahulu cemilan, catnip, atau mainan kegemarannya. Berikan ini sebagai hadiah karena telah berperilaku baik.

Disamping itu, ini dapat membuat kucing konsentrasi dan tidak terdistraksi untuk sementara.

Kamu dapat memberikan cemilan berbentuk cream (creamy treats) atau padat seperti dry food. Untuk mainan, beri mainan dari bulu-bulu yang diikat dengan tali agar dia aktif bergerak.

Untuk catnip, dampaknya baru dapat dirasa kucing saat dia berumur 3-6 bulan. Itu juga, cuma bisa dikasih dengan jumlah yang kecil.

Pakai "clicker" untuk latih kucing

Sama dengan anjing, kita dapat menggunakan clicker untuk latih kucing. Clicker ialah latihan berbasiskan penghargaan. Tiap bunyi "click" harus diikuti dengan pemberian hadiah ke kucing. Bagaimana implementasinya?

Misalnya, bila kita ingin mengajarkan kucing duduk, click clicker segera setelah dia duduk dan beri cemilan kecil untuk menghargai upayanya. 

Bila dilakukan berkali-kali, kucing akan mengaitkan suara "click" dengan sikap dan imbalan.

Ajarkan agar patuh buang air di litter box

Pelatihan kepatuhan termasuk juga mengajari kucing agar dapat buang air di litter box. Pertama, siapkan kotak berisi pasir dan samakan ukuran dengan badan kucingmu.

Lalu simpan di lokasi yang tenang dan gampang dijangkau oleh kucing.

Selanjutnya, taruh kucing ke kotak kotoran setiap dia bangun tidur atau sesudah makan. Makin lama, kucing akan pahami jika kotak itu ialah "toilet" pribadinya.

Dan janganlah lupa untuk bersihkan pasirnya, minimal 2x dalam satu minggu.

Jangan lupa mengelusnya untuk menambah kedekatan emosional

Kucing benar-benar suka dielus-elus, khususnya pada bagian leher, dagu, dan kepala. Mengelus kucing dapat tingkatkan kedekatan emosional di antara pemilik dengan kucing.

Salah satunya pertanda jika kucing mulai nyaman ialah keluarkan suara "purrrrr" sambil memejamkan mata saat dielus.

Nah, tersebut trik yang dapat diterapkan untuk membuat kucing menjadi penurut dan patuh. Langsung coba ke kucingmu, yuk! Semoga bermanfaat!

Editor : Dean Ismail

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network