7 Bisnis Olahan Ikan Lele yang Menjanjikan, Cetak Omzet Jutaan!

bayu pratama
Bisnis Olahan Ikan Lele. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Lagi memikirkan sebuah ide usaha? Coba saja mulai usaha rumahan dulu. Dalam keadaan ekonomi sulit ini mungkin Anda bingung, punya ide usaha makanan dari rumah tetapi sudah banyak yang serupa. Tak perlu bingung, ini bisnis olahan ikan lele yang menjanjikan. 

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalani hidup sebagai pembudidaya ikan lele. Selainnya ikan lele dapat dijual mentah ke kilang ikan, pemilik restoran atau warung makan, atau pun para pengecer lele di pasar ikan. Anda bisa juga menjual secara pribadi atau agen untuk makanan olahan dari ikan lele.

7 Bisnis Olahan Ikan Lele yang Menjanjikan

Ada 7 ide bisnis olahan ikan lele yang dapat membuat Anda mempunyai penghasilan tambahan yaitu sebagai berikut:

1. Abon Ikan Lele

Abon sebagai makanan favorit banyak orang karena bisa dijadikan campuran makanan yang lainnya. Abon ikan lele bisa juga dijual di pasaran dengan harga yang lebih mahal. Abon ikan lele rasanya lezat dan dapat dicampur dengan menu makanan lain sebagai santapan pagi, siang, atau pun malam.

Abon ikan lele dapat menjadi aneka oleh-oleh ke para saudara jika ada di luar rumah. Abon ikan lele memang rasanya nikmat sehingga banyak orang yang sengaja memesannya tak perlu susah-susah mencarinya, Anda juga dapat membuat dan menjualnya.

2. Bakso Ikan Lele

Bakso umumnya memang dibuat dari bahan dasar daging sapi dan daging ayam. Tetapi kini juga ada bakso yang terbuat dari ikan lele. Ikan lele dapat dibuat sebagai bagan bakso yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang nikmat.

Bakso ikan lele tetap dapat dibuat semirip mungkin dengan bakso yang terbuat dari daging sapi. Rasanya juga enak sehingga banyak orang yang ingin mencobanya. Bakso ikan lele bisa dijadikan aneka makanan seperti bakso kuah, bakso goreng, dan lain-lain.

3. Ikan Asap Lele

Biasanya ikan asap yang terkenal di daerah Jawa Tengah yaitu mangut atau ikan pari yang sudah diasapi agar lebih awet dan jadi aneka makanan yang enak. Baik itu sambal atau sayur. Ikan lele bisa dijadikan ikan asap yang mempunyai aroma khas.

Ikan lele yang telah diasap memiliki nilai jual lebih mahal daripada ikan lele segar biasa. Ikan lele yang telah diasap rasanya nikmat bila digunakan sebagai sambal atau pun disayur dengan santan.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network