7 Perawatan Kecantikan Ala Istri Nabi Secara Alami Bisa Dicoba

bayu pratama
Perawatan Kecantikan Ala Istri Nabi. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Istri-istri Nabi SAW ialah perempuan pilihan yang memiliki kedudukan mulia sehingga patut diteladani. Istri-istri Nabi Muhammad SAW, sama seperti wanita pada umumnya. Ada naluri perempuan umumnya yang ingin diidolakan.

Pengertian kecantikan dapat berbeda pada setiap bangsa. Tetapi di era globalisasi, dengan gempuran media dan virtualisasi, arti kecantikan menjadi seragam.

Cantik didefinisikan sebagai satu yang indah dan menarik. Kriteria cantik seorang wanita secara umum ialah bertubuh ideal; berkulit putih; dan berambut lurus, hitam, dan panjang.

Para istri Nabi SAW, perspektif tentang cantik tidak hanya hal mempersolek fisik, tetapi juga keimanan, ketaatan, dan akhlak (kedermawanan sosial). Dalam soal merawat kecantikan, istri Nabi menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari nabati dan hewani. Simak perawatan alami ala istri Nabi berikut ini:

7 Perawatan Kecantikan ala Istri Nabi

1. Hena

Hena di zaman Nabi, dipakai sebagai zat untuk mewarnai rambut oleh pria dan wanita. Tidak hanya itu, hena digunakan untuk menghiasi tangan dan kaki perempuan. Seperti tertuang dalam riwayat dari Aisyah berikut ini.

"Seorang perempuan membuat tanda dari balik tirai untuk menunjukkan jika ia memiliki surat untuk Rasul Allah (SAW). Nabi (SAW) menutup tangannya, mengatakan, "Saya tidak tahu apa ini tangan pria atau perempuan." Ia berkata: "Tidak, seorang perempuan." Ia berkata, "Bila seorang perempuan, akan membuat perbedaan pada kuku mereka, (artinya dengan pacar)." (Sunan Abu-Dawud).

2. Susu

Susu jadi perawatan untuk memperoleh rambut yang bersinar, halus, dan tebal. Caranya adalah mencampur susu dan madu, lalu digunakan sebagai masker rambut. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini sepekan sekali, supaya rambut jadi selembut sutra.

3. Timun

Bahan alami yang sering digunakan Aisyah, istri Rasulullah SAW termuda. Dalam sebuah riwayat Ibnu Majah, Aisyah berkata:

"Ibuku mengobatiku supaya saya terlihat gemuk, saat ia hendak mempertemukan saya dengan Rasulullah. Dan usaha itu tidak membuahkan hasil, sehingga saya memakan timun dengan kurma basah. Kemudian saya menjadi gemuk dengan bentuk yang ideal."

Manfaat timun bila dikonsumsi bersama kurma bisa memperbesar ukuran payudara dan meremajakan sel-sel kulit wajah supaya tetap awet muda. Timun yang dihaluskan mampu menghilangkan selulit, mengatasi kulit berminyak, menghilangkan kantung mata, dan mengatasi bekas jerawat yang kemerahan.

4. Celak

Celak atau kohl adalah bubuk gelap halus yang digunakan pada permukaan bagian dalam kelopak mata, seperti eyeliner. Kohl tidak hanya bisa digunakan perempuan. Laki-laki dalat menggunakannya.

Selain untuk memperindah tampilan mata, dia berfungsi untuk terapi. Seperti yang dikatakan Nabi Muhammad SAW: "Terapkan antimon (kohl), karena itu membantu mencerahkan penglihatan mata dan meningkatkan pertumbuhan bulu mata." (At-Tirmidzi Nomor 2048)

5. Siwak


Ilustrasi Perawatan Kecantikan Istri Nabi. (sindonews.com)

Siwak atau miswak adalah batang atau ranting dari pohon arak yang digunakan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Nabi Muhammad SAW rutin menggunakan siwak sebelum menunaikan sholat, seperti yang dikutip Abu Hurairah:

"Jika bukan itu akan menyulitkan bangsa saya, karena itu saya akan memerintahkan mereka untuk menggunakan siwak untuk setiap doa."

Siwak diketahui mempunyai sifat antimikroba untuk menghilangkan bakteri, mencegah kerusakan gigi, dan mengatasi bau mulut. Cara penggunaannya sangat simpel, cukup mengunyah salah satu ujungnya dan memisahkan seratnya.

6. Madu

Madu memiliki kandungan antibakteri yang bisa mengurangi jerawat, menyembuhkan radang, sampai mencerahkan kulit. Dari dahulu madu sangat dikenal dengan khasiatnya yang menakjubkan, seperti membersihkan lambung, mengaktifkan usus, dan menahan sembelit.

Rasulullah SAW sering mengonsumsi madu saat perut kosong di pagi hari. Penggunaan untuk kecantikan, madu bisa dipakai sebagai masker, dapat dicampur dengan yoghurt atau perasan lemon.

7. Minyak Dzarirah

Minyak ini dibuat dari batang pohon arum yang mempunyai sifat panas dan kering. Pada masa Nabi, minyak ini dianjurkan sebagai obat jerawat. Dalam tinjauan medis minyak ini bersifat anti jamur dan bakteri, sehingga bisa melawan bakteri penyebab jerawat.

Istri-istri Nabi bercerita, satu hari Rasulullah SAW menemui mereka. Rasulullah SAW kemudian melihat di antara mereka tumbuh seperti jerawat.

"Kamu punya minyak wangi dzarirah?" tanya Rasulullah. Mereka menjawab punya. Rasulullah lalu membalas lagi, "Bubuhkan di jerawatmu itu seraya membaca doa, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawatku ini." (HR. Al-Hakim).

Itulah perawatan kecantikan ala istri Nabi secara alami bisa dicoba di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermamfaat!.

Editor : Supriyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network