5 Konglomerat Dunia Dengan Gaya Hidup Sederhana, Nomor 4 Dari Indonesia

Supriyono
Konglomerat Dunia Dengan Gaya Hidup Sederhana. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Sederet konglomerat dunia dengan gaya hidup sederhana memang patut dicontoh. Meski bergelimang harta, beberapa miliarder ini lebih senang hidup bersahaja.

Sudah bukan rahasia lagi jika kehidupan seorang konglomerat kerap dipenuhi akan limpahan harta dan kemewahan. Para miliarder dunia pasti dapat melakukan apa tanpa ada kesulitan.

Tetapi siapa kira, ada beberapa miliarder dunia yang lebih memilih hidup sederhana dan apa adanya meski memiliki banyak harta. Siapa saja konglomerat dunia dengan gaya hidup sederhana itu?Inilah beberapa daftarnya sebagai berikut.

Deretan Konglomerat Dunia dengan Gaya Hidup Sederhana

Beberapa konglomerat dunia yang lebih memilih gaya hidup sederhana dan penampilan apa yang ada meski kaya raya antara lain sebagai berikut.

1. Mark Zuckerberg

Sudah bukan rahasia lagi jika Mark Zuckerberg adalah orang kaya yang memiliki gaya hidup sederhana. Pemilik perusahaan teknologi jejaring sosial Facebook (Meta) ini menjadi salah satu orang terkaya di dunia yang memiliki kekayaan mencapai USD47,20 miliar atau setara dengan Rp733,35 triliun.

Meski demikian, Zuckerberg tidak lantas gemar bermewah-mewah dengan kekayaannya itu. Dia justru lebih suka hidup dengan kesederhanaan. Ini dapat dilihat dari gaya pakaian yang kerap dia kenakan. Dia lebih gemar mengenakan kaos oblong dan sepatu skate.

Kesederhanaan Zuckerberg tampak dari ruang kerjanya. Dia lebih senang bekerja bersama karyawannya dalam satu ruangan dibanding memiliki ruang kerja pribadi.

Ketika banyak orang kaya di Indonesia memilih koleksi mobil mewah yang mahal seperti Lamborghini, Zuckerberg justru lebih senang menggunakan mobil Honda Jazz yang harganya hanya berkisar Rp300 jutaan.

2. Warren Buffett

Salah satu konglomerat dunia yang memiliki gaya hidup sederhana ialah CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett. Dia merupakan salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes 2022 yang memiliki kekayaan mencapai USD98,8 miliar atau setara dengan Rp1.535 triliun. Sebagian besar kekayaan Buffett diperolehnya dari kepemilikan saham di Berkshire Hathaway yang mencapai 16%.

Meski demikian, Warren Buffett justru memilih untuk hidup sederhana. Dia bahkan mempunyai prinsip bahwa kualitas hidupnya tidak dipengaruhi berapa banyak uang yang dimiliki.

Sebagai orang terkaya di dunia dengan uang yang melimpah ruah, bukan hal yang susah baginya untuk hidup mewah dan membeli apa yang diinginkan. Tetapi, alih-alih berbuat begitu, Warren Buffett justru tidak suka menghamburkan uangnya. Dia lebih memilih menggunakan uangnya untuk investasi dan kegiatan amal.

Buffett juga masih betah menempati rumah sederhana di Omaha yang berhasil dibelinya pada 1958 dengan harga sebesar USD31.500. Dari laporan Business Insider, Buffett juga mengakui jika hidupnya tidak jauh lebih bahagia dari apa yang sekarang ini dia miliki. Dia sudah memiliki semua yang dia butuhkan dan tidak menginginkan lebih dari itu.

Selain itu, kesederhanaannya tampak dari tidak ada komputer di meja kerjanya. Dia diketahui tidak pernah membawa telepon seluler saat pergi. Padahal, untuk level kekayaannya, Buffett dapat memborong semua telepon genggam yang dengan teknologi terbaru yang ada di dunia.

3. Jack Ma

Jack Ma sebagai pengusaha asal China yang juga terkenal karena keberhasilannya mendirikan raksasa ecommerce Alibaba. Dia menaungi beberapa anak perusahaan ternama yang ikut menopang kekayaannya.

Forbes mencatat kekayaan kekayaannya pada tahun 2022 ini mencapai USD22,8 miliar atau sekitar Rp354,24 triliun. Meski sempat terjun bebas dari tahun sebelumnya yang capai USD48,4 miliar, tetapi kekayaan Jack Ma tersebut terbilang melimpah ruah.

Salah satu miliarder China yang mengawali kariernya dari bawah sebagai seorang guru bahasa ini tetap memilih hidup dengan sederhana. Gaya hidupnya tidak berubah meski hartanya melimpah. Bos Alibaba ini juga dikenal dengan penampilannya yang sederhana. Dibanding makan makanan mewah di restoran, Jack Ma justru lebih gemar makan mi instan.

Bila kebanyakan orang kaya sering mengoleksi deretan mobil mewah, Jack Ma justru sebaliknya. Orang berharta ratusan triliun ini justru lebih suka menggunakan mobil murah buatan negaranya sendiri dengan harga hanya berkisar Rp200 jutaan yaitu Rowee RX5.

4. Michael Bambang Hartono


Michael Bambang Hartono. (okezone.com)

Orang terkaya nomor satu di Indonesia Michael Bambang Hartono juga dikenal sebagai konglomerat yang memiliki gaya hidup sederhana dan bersahaja.

Michael Hartono bersama saudaranya Budi Hartono sebagai pemilik dari konglomerasi bisnis terbesar di Indonesia yaitu Djarum Group. Forbes mencatat kekayaan pemilik Djarum ini mencapai USD23,1 miliar atau setara dengan Rp338,71 triliun.

Meski demikian, kekayaan itu tidak lantas membuat Michael Hartono menjadi orang yang gemar bermewah-mewah. Pengusaha berusia 83 tahun ini kerap makan di sebuah warung makan sederhana. Penampilan bos BCA ini terbilang sederhana dan apa adanya.

5. Bill Gates

Konglomerat dunia dengan gaya hidup sederhana berikutnya adalah Bill Gates. Orang terkaya keempat versi Forbes ini dikabarkan memiliki kekayaan mencapai USD102,40 miliar atau setara dengan Rp1.591 triliun.

Meski memiliki harta melimpah, rupanya Bill Gates pun tidak suka berfoya-foya. Tidak seperti crazy rich yang sering menghabiskan uangnya untuk membeli pakaian dan perhiasan mewah, Bill Gates justru memilih gaya berpakaian yang cukup sederhana.

Dia pun hanya memakai sebuah arloji dengan harga sebesar USD10 dengan merek Casio. Padahal, uangnya dapat digunakan untuk memborong setumpuk arloji berharga ratusan bahkan jutaan dolar AS.

Dia diketahui hanya menggunakan sebuah mobil lawas Ford Focus. Dibanding menghabiskan uangnya untuk hura-hura, Bill Gates justru lebih memilih menggelontorkan uangnya untuk berderma.

Itulah beberapa konglomerat dengan gaya hidup sederhana dan bersahaja yang tidak gemar berfoya-foya meski hidup bergelimang harta.

Editor : Supriyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network