6 Cara Menanam Jahe di Rumah serta Manfaatnya Patut Dicoba

Supriyono
Cara Menanam Jahe di Rumah serta Manfaatnya. (okezone.com)

Ilustrasi Tanaman Jahe serta Manfaatnya. (okezone.com)

3. Penanaman

Saat sebelum ditanam, rimpang jahe dipotong jadi potongan berdimensi 1- 1½ inci, serta sisihkan sepanjang sebagian hari supaya zona permukaan potongan sembuh serta membentuk kapalan.

Tiap bagian wajib montok dengan kuncup perkembangan yang tumbuh baik, ataupun mata. Sumber jahe yang baik buat ditanam merupakan rimpang fresh dari petani lain. Inilah salah satu bagian berarti metode menanam jahe yang butuh dicermati.

Bila membeli jahe dari toko, rendam rimpang dalam air semalaman sebab jahe yang beli di toko hendak lebih susah buat berkembang dikala ditanam. Tanam rimpang 6 sampai 8 inci terpisah, dalam 2 sampai 4 inci, serta dengan tunas perkembangan menuju ke atas.

Jahe bisa ditanam utuh ataupun dalam potongan- potongan kecil dengan tiap- tiap sebagian tunas. Tumbuhan jahe hendak berkembang setinggi dekat 2 sampai 3 kaki.

4. Pemupukan

Bila tanah kurang sempurna, tambahkan pupuk organik lepas lelet dikala penanaman. Sehabis itu, pupuk cair bisa diaplikasikan tiap sebagian pekan. Metode menanam jahe memakai pupuk dibutuhkan buat revisi tanah spesialnya di wilayah dengan curah hujan besar, di mana hujan bisa melenyapkan nutrisi berarti dari tanah.

Jika dapat meningkatkan kompos, yang hendak menyuplai nutrisi sekalian menahan air di dalam tanah. Pangkal jahe menemukan khasiat dari pupuk yang memiliki fosfor( P) tingkatan besar.

Jalani pengujian tanah terlebih dulu serta ganti tanah saat sebelum penanaman cocok dengan saran pengujian, supaya metode menanam jahe berhasil besar.

5. Pengairan

Cara menanam jahe selanjutnya, jangan perkenankan tumbuhan mengering dikala lagi aktif berkembang. Dikala cuaca mendingin, mengurangi penyiraman. Ini hendak mendesak tumbuhan membentuk rimpang dasar tanah.

Di wilayah kering, kabut ataupun semprotkan tumbuhan secara tertib. Senantiasa jauhi sangat banyak membagikan air.

6. Pemanenan

Sehabis mengenali cara menanam jahe, berikutnya merupakan proses pemanenan. Jahe dapat dipanen dengan menggali segala bagian tumbuhan. Walaupun bisa dipanen pada tiap sesi kematangan, waktu terbaik merupakan dikala tumbuhan berusia 8 sampai 10 bulan. Sehabis panen, seleksi rimpang buat ditanam kembali serta lekas ditanam kembali.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network