7 Kota Terkecil di Indonesia, Nomor 4 Pernah Jadi Ibukota Negara

Dean Ismail
Kota Terkecil di Indonesia. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Indonesia merupakan negara yang berada asia tenggara dengan negara kepulauan terbanyak di dunia. Ada beberapa kota terkecil di Indonesia dengan luas terendah dari beberapa kota lainnya.

Indonesia terdiri dari 98 kota yang tersebar ke 1.811.570 km persegi luas daratan. Dengan banyaknya kota itu pasti masing-masing memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri.

Salah satu ciri khas ini bisa dilihat dari luas wilayahnya. Kota terkecil di Indonesia sendiri memiliki luas wilayah sejumlah 10,77 km saja. Ingin tahu kota mana saja yang termasuk dalam kota terkecil di Indonesia? Yok cari tahu jawabannya di artikel berikut!

7 Kota Terkecil di Indonesia

1. Bukittinggi

Kota terkecil di Indonesia kali ini ada di Pulau Sumatera, tepatnya Sumatera Barat. Berdasar sensus warga tahun 2020 lalu, Bukittinggi dengan luas wilayah 25,239 km persegi ini dihuni oleh 121.028 jiwa.

Pada Desember 1948 hingga Juni 1949 lalu Kota Bukittinggi pernah menjadi Ibu Kota Pemerintahan Darurat Republik Indonesia menggantikan Yogyakarta.

2. Blitar, Jawa Timur

Di posisi ketujuh kota terkecil di Indonesia, ada Kota Blitar di Jawa Timur dengan luas sebesar 32,58 km. Kota yang terkenal dengan kuliner Nasi Ampok ini dihuni oleh 149.149 jiwa pada tahun 2020 lalu.

3. Padang Panjang

Padang Panjang menjadi peringkat kedua kota terkecil di Indonesia dengan luas daerah 23 km persegi. Kota di Sumatera Barat ini terbagi ke 2 kecamatan dengan 16 kelurahan. Pada sensus warga tahun 2020 lalu, diketahui ada 56.311 jiwa yang tinggal di Padang Panjang dan menjadikannya kota terpadat kedua di Sumatera Barat setelah Bukittinggi.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network