5 Manfaat Susu Kefir Untuk Kesehatan Wajib Diketahui

Dean Ismail
Manfaat Susu Kefir Untuk Kesehatan. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Hai Kak, apa kabar? Semoga baik-baik saja, ya! Kali ini Fida akan membahas topik yang berhubungan dengan manfaat, yakni manfaat susu kefir untuk kesehatan. Pasti kepo, kan? Yuk, simak ulasan lengkap di bawah ini.

Susu merupakan minuman dengan rasa yang enak dan bisa dikonsumsi untuk semua usia, mulai dari bayi hingga lansia. Selain susu sapi, ada juga fermentasi susu yang dicampur biji kefir. Jenis susu ini memberikan banyak manfaat. Apa saja manfaat susu kefir bagi kesehatan tubuh?

Manfaat Susu Kefir untuk Kesehatan

1. Mendetoks Racun Dalam Tubuh

Paparan debu selama melakukan aktivitas sehari-hari pasti membuat banyak racun yang bersarang di dalam tubuh. Semakin banyak racun yang menumpuk, tubuh akan merasa cepat lelah dan mudah terserang penyakit. Maka, perlu dilakukan detoksifikasi agar tubuh bugar kembali.

Proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh juga perlu dilakukan ketika Kakak sering mengalami alergi, misalnya alergi kacang-kacangan. Kacang mengandung zat aflatoksin yang mampu diredakan dengan konsumsi susu kefir.

Susu kefir mengandung asam laktat yang mampu melawan zat aflatoksin sebagai penyebab alergi. Kandungan tersebut juga berfungsi mendetoks tubuh akibat paparan debu dan racun lainnya. Manfaat susu kefir untuk kesehatan dipastikan sangat akurat dan ampuh.

2. Mencegah Kanker

Berdasarkan Journal of Dairy Science mengungkapkan jika minuman fermentasi terbukti ampuh dalam membunuh berbagai macam jenis tumor dan kanker. Penelitian sudah diuji pada seekor tikus dengan kanker payudara dan menunjukkan hasil perbaikan.

Maka, sudah dipastikan jika susu kefir sebagai minuman fermentasi memberikan manfaat untuk mencegah bertumbuhnya sel-sel tumor dan kanker. Kakak bisa mengkonsumsi susu kefir 1 hingga 2 kali sehari. Namun, untuk penderita maag cukup 1x saja.

3. Memperkuat Tulang

Susu kefir juga dipercaya mampu memperkuat tulang. Pernyataan ini didasarkan pada studi yang dilakukan para ahli di tahun 2014 dan dirangkum dalam jurnal osteoporosis international. Jurnal tersebut menyatakan jika konsumsi susu kefir mampu menurunkan risiko osteoporosis.

Kandungan biji kefir pada fermentasi susu sapi atau kambing akan meningkatkan serapan mineral pada tulang, magnesium, kalsium, dan beberapa zat lain. Sehingga, secara nyata, konsumsi susu kefir telah memenuhi kebutuhan vitamin D, K2, dan fosfor yang akan memperkuat tulang.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network