Kenali 5 Manfaat Jus Sirsak untuk Kesehatan yang Kaya Vitamin

Supriyono
Manfaat Jus Sirsak untuk Kesehatan. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Sirsak memiliki warna kulit yang kehijauan dengan duri halusnya. Dagingnya berwarna putih dan lembut. Rasanya cukup tajam namun menyegarkan. Kakak bisa mengkonsumsi sirsak begitu saja atau dibuat jus sirsak. Bukan hanya buahnya saja yang berguna, daunnya juga banyak digunakan sebagai obat herbal.

5 Manfaat Jus Sirsak untuk Kesehatan

Buah sirsak adalah salah satu buah yang rendah kalori, kaya serat, dan kaya akan vitamin C. Jika Kakak sedang melakukan diet, buah ini cocok sebagai makanan selingan. Sedangkan manfaat sirsak untuk kesehatan tubuh, dapat dilihat dari uraian berikut ini:

1. Mencegah Kanker dan Peradangan

Zat antioksidan yang terkandung didalam buah sirsak seperti saponin, tannin, flavonoid, fitosterol, serta anthraquinone, merupakan zat aktif dalam menangkal radikal bebas. Jika radikal bebas ini masuk ke dalam sel tubuh, maka bisa menyebabkan aktifnya sel kanker.

Meskipun bukan sebagai satu-satunya obat untuk mengatasi kanker, namun tidak ada salahnya jika konsumsi secara teratur untuk mencegahnya.  Beberapa tipe kanker yang bisa dilawan oleh buah sirsak ini adalah kanker pankreas serta kanker payudara. Mengkonsumsi sirsak juga mampu untuk mengurangi peradangan pada tubuh.

Zat anti peradangannya terbukti efektif dalam meringankan nyeri yang disebabkan oleh peradangan. Konsumsi jus sirsak ini akan menghalangi syaraf dalam merasakan sakit ketika peradangan dalam tubuh.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi para penderita diabetes, bagus juga untuk rutin mengkonsumsi buah sirsak ini. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa sirsak memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Buatlah jus sirsak sebagai kudapan sehari-hari, atau sebagai minuman selingan.

Rutin konsumsi jus sirsak ini, akan membantu dalam mencegah naiknya gula darah serta menjaga keseimbangan glukosa dalam darah. Jika tidak menyukai jus bisa juga dimakan langsung buah sirsak yang sudah matang.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network