Inilah Panduan Cara Merawat Ikan Botia Badut ( Clown Loach)

bayu pratama
Cara Merawat Ikan Botia Badut. (sindonews.com)

Cara Merawat Ikan Botia Badut. (sindonews.com)

Kepribadian Ikan Botia

Karakter botia badut itu tenang. Ikan omnivora ini pula ialah bottom feeder. Dengan kata lain, mereka lebih gemar makan di zona bawah akuarium. Walaupun penjaannya lebih terpelihara di akuarium, tetapi perkembangan mereka berlangsung lelet. Mereka pula tidak sering menggapai titik optimal pertumbuhan. Beda dengan ikan botia badut di alam liar.

Cuma saja, akuarium yang kondisinya maksimal membuat ikan jadi berkembang selama 15 centimeter sepanjang setahunan. Umurnya pula dapat menjangkau 20 tahun lebih. Terlebih jika ditunjang dengan aneka santapan bernutrisi.( Baca: Ikan Hias yang Suka Kumpul Bergerombol)

Ikan ini hidup aktif dalam kelompoknya. Mereka hendak merasa aman bila jumlah sesamanya banyak, tetapi tangkinya pula lebih besar. Terlebih jika tidak terdapat agresi intragrup yang mengusik. Buat substrat dasarnya, kamu dapat memakai kerikil kecil ataupun pasir.

Sajikan penutup di zona bawah akuarium, supaya mereka dapat istirahat dengan aman. Seleksi saja tumbuhan semacam Taxiphyllum, Microsorum Pteropus, serta bermacam tipe Anubias.

Ikan ini lebih bahagia hidup dengan aerasi yang baik, aliran air lumayan besar, serta air yang disaring. Kamu mesti mengubah air, paling tidak 30% dari totalitas, seminggu sekali.

Walaupun aktif, botia badut ialah ikan kalem yang menghabiskan waktunya di bagian dasar aquarium. Kala masih kanak- kanak, mereka banyak bertingkah lucu. Tetapi terus menjadi berusia, mereka cenderung terus menjadi malas. Hobinya saja mencari tempat buat berlindung serta bersantai.

Banyak aquarist pendatang baru yang panik, sebab ikan peliharaannya nampak menghilang sebagian hari. Sementara itu, kadang- kadang botia badut suka pura- pura mati dengan berenang miring. Sementara itu mereka lagi rihat. Jika telah merasa fit juga, mereka hendak kembali berenang semacam umumnya.

Kadangkala mereka pula merapat ke tepi sebab airnya belum diperbarui, ataupun sebab pH airnya rendah. Umumnya fenomena ini tidaklah permasalahan besar. Ikan dapat kembali ke kondisi wajar.

Setelah itu, ikan ini dapat membagikan respon dengan bersuara gemerincing. Mereka melaksanakan perihal ini kala merasa terancam ataupun mengetahui terdapatnya bahaya.

Kondisi ini kadangkala membuat para ikan junior ketakutan. Buat itu, kamu mesti pandai melindungi ketentraman mereka. Yakinkan buat memilah pendamping ataupun sahabat seakuarium yang pas pula.

ikan botia india kalimantan badut sumatera albino tidur wikipedia pdf tankmate harga kasar serta arwana asal apakah galak guna di aquascape makan udang berasal dari belang besar karakteristik betta betina foto cari jantan dicampur jambi dimensi berusia perbandingan deskripsi ekspor gambar green hijau gelap hias macan tipe budidaya makanan

Santapan Ikan Botia

Di alam liarnya, ikan ini ialah karnivora sejati. Tetapi nyatanya mereka juga dapat berselera terhadap tumbuhan air, spesialnya yang mempunyai daun lembut. Dapat disimpulkan, mereka merupakan ikan omnivora yang berpeluang melahap aneka tipe pakan.

Ikan botia badut hendak bahagia hati memakan tablet dari ikan kering, serpihan, butiran, dll. Santapan hidupnya berbentuk siput, udang air asin, cacing darah beku, serta cacing tubifex.

Sebaliknya santapan dari tanamannya ialah potongan bayam, mentium, daun selada, squash, ataupun tablet spesial. Dari total santapan, paling tidak mereka mesti penuhi 40% kebutuhan makan dari sumber tumbuhan/ sayur- mayur.

Ikan ini memanglah tidak rewel soal santapan, tetapi sebab perihal itu pula kamu mesti siap- siap buat tidak kecewa kala tumbuhan akuarium jadi rusak. Tercantum Echinodorus kamu, yang dapat jadi berlubang di sana- sini sebab digigit ikan.

Walaupun botia badut tidaklah ikan kasar, tetapi hendaknya jangan menyatukan mereka dengan ikan yang lebih kecil. Entah ikan botia badut sendiri, ataupun malah ikan pasangannya, yang hendak merasa tekanan pikiran. Setelah itu ikan dengan sirip terselubung yang berenangnya lamban pula bukan opsi.

Sebagian sahabat akuarium yang pas buat ikan ini ialah swordtail, kuhli loach, ropefish, tetra besar, bichir, serta cichlid Afrika. Pada dasarnya, ikan botia badut memanglah bahagia bergaul.

Yakinkan supaya jumlahnya minimalnya 3. Lebih baik bila ada 5 ekor lebih ikan dalam akuarium. Tetapi perhatikan, barangkali terdapat ikan jantan alpha yang menakut- nakuti ikan lemah, sehingga mereka tidak kebagian jatah santapan.

induk indukan jogja jumbo kaskus kecil kepribadian klasifikasi kelebihan konservasi laporan larva macracantha macracanta macracanthus gampang mati olx pakan pemijahan penyakit perkembangan penafsiran pembesaran reproduksi sakit striata cara secara natural watak sejarah spesifikasi terbanyak tiger termahal terkini red tail air tawar ternak tentang sahabat usia umpan umur video warna yoyo youtube 2018 2016.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network