Cara Memelihara Ikan Belida di Aquarium, Gampang Banget!

bayu pratama
Cara Memelihara Ikan Belida di Aquarium. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ikan belida ialah salah satu ikan predator air tawar yang berasal dari daerah Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, ikan ini gampang ditemui di pulau Sumatera, Kalimantan serta Jawa.  Ada beberapa cara memelihara ikan belida di aquarium sangat mudah bisa dicoba. 

Di habitat aslinya, ikan belida menghuni rawa- rawa ataupun sungai yang berarus tenang. Dia hendak mulai tumbuh biak di wilayah hutan rawa. Ikan belida pula banyak yang mengenalnya dengan istilah ikan belido, ataupun secara global populer dengan nama clown knifefish.

Tidak hanya jadi ikan hias, sesungguhnya ikan belida pula sering kali jadi mengkonsumsi, semacam buat membuat kerupuk maupun pempek. Tetapi sebab keberadaannya kian susah ditemui di alam liar, mengkonsumsi ikan belida ini mulai dikurangi.

Berhubung populasi ikan belida telah mulai menurun, dikala ini ikan belida telah banyak yang membudidayakan, paling utama buat jadi ikan peliharaan. Alibi banyak orang memelihara ikan belida yakni sebab keunikan wujud badan serta keelokan coraknya.

Cara Memelihara Ikan Belida di Aquarium

Dia mempunyai badan panjang dengan punggung depan yang menjulang, wujud kepala yang kecil, dan mempunyai sirip atas, dasar serta samping yang memudahkannya buat bermanuver di air.

Bulatan- bulatan gelap selama badan ikan predator ini pula jadi energi tarik tertentu. Dari segi harga, ikan belida ini pula tidak tercantum ikan yang mahal, biayanya masih lumayan terjangkau, terlebih jika Kamu membelinya dikala masih beukuran 10 sampai 15 centimeter.

Nah, buat Kamu yang ingin ketahui cara memelihara ikan belida ini baik di kolam ataupun aquarium, perhatikan sebagian panduan pemeliharaan ikan belida berikut ini!

Media Pemeliharaan Ikan Belida

Ikan belida ataupun yang mempunyai nama latin Chitala ornata tergabung dalam keluarga Notopteridae. Masih tercantum keluarga ikan tipe knifefish yang kebanyakan mempunyai karakteristik raga yang sama.

Ikan ini dapat dipelihara di aquarium ataupun kolam. Namun bila telah besar, hendaknya ikan belida dipelihara di kolam. Maklum saja, ikan ini dapat menggapai dimensi hingga 1 m. Namun biasanya bila dipelihara di aquarium cuma menggapai 50 centimeter saja.

Dimensi aquarium sempurna buat ikan ini seharusya berkapasitas 750 liter, namun buat belida muda, aquarium dimensi 60 centimeter saja telah lumayan.

Kamu dapat memperkirakannya sendiri dengan menyamakan badan ikan dengan besarnya aquarium. Yang berarti, terdapat lumayan ruang buat ikan berenang, bersembunyi serta menyamai habitat alaminya.

Supaya lebih mirip habitat asli, media pemeliharaan ikan belida dapat Kamu bagikan tanaman- tanaman air, akar- akaran, batu buat bersembunyi serta pula substrat berbentuk pasir. Tenang saja, ikan ini tidak hendak menghabiskan tumbuhan air Kamu, sebab dia ialah ikan karnivora.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network