Cara Memelihara Ikan Betutu di Akuarium yang Bisa Dicoba

Dean Ismail
Cara Memelihara Ikan Betutu di Akuarium. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ikan betutu merupakan ikan predator penyergap air tawar asli Indonesia yang memangsa ikan yang terkecoh sebab penyamarannya. Ada cara memelihara ikan betutu di akuarium yang bisa dicoba di rumah. 

Pembawaan ikan ini yang suka berdiam diri ataupun tidak berpindah- pindah ditambah corak badan serta rupanya, membuat ikan betutu mempunyai keunikan dikala terletak di akuarium.

Ikan betutu ini sesungguhnya telah mendunia, cuma saja dibeberapa wilayah serta Negeri mempunyai nama yang berbeda. Dalam dunia bisnis ikan betutu diketahui dengan nama ikan gabus malas.

Orang Kalimantan menyebutnya Bakukut. Sun Hok istilah ikan betutu oleh orang Tiongkok. Dunia internasioanl memahami ikan ini dengan istilah Marbled Goby ataupun Sand Goby. Nama lain ikan betutu dibeberapa wilayah semacam marble goby, boboso, gabus malas, bloso watu, bobodoh, serta ikan bodoh.

Cara Memelihara Ikan Betutu di Akuarium

Morfologi Ikan Betutu

Ikan betutu berupa agak bundar memanjang, bagian depan silindris yang kian berujung terus menjadi kecil dengan wujud memipih, bagian punggung cembung serta bagian perut rata. Ikan ini suka berdiam serta mengubur dirinya di dalam lumpur.

Habitat asli ikan betutu kala mencari ikan merupakan tipikal ikan yang pasif, ikan ini hendak lebih suka mengubur dirinya dalam lumpur serta menyamar pada bebatuan menunggu ikan kecil yang melalui. Pada malam hari ikan ini cenderung aktif( Nokturnal) mencari mangsa dikala keadaan kelaparan.

Bila ikan betutu ini telah jinak didalam akuarium ikan ini hendak cenderung aktif kala diberi makan disebabkan ikan ini terbiasa hidup dengan pemeliharaan dalam tank. Ikan betutu mempunyai gigi kecil yang sangat tajam. Matanya besar serta menonjol keluar serta bisa digerak- gerakkan.

Badan ikan betutu mempunyai 4 buah sirip yang berjari- jari lunak, sejoli sirip perut yang bersebelahan, sirip dubur serta sirip di ekor.

Kehidupan Ikan Betutu

Ikan betutu hidup pada perairan air tawar, semacam sungai- sungai, danau, waduk, serta sawah- sawah. Pada biasanya ikan betutu yang masih kecil hendak dimangsa oleh ikan betutu berusia. Ikan betutu terkategori ikan karnivora ialah pemakan ikan daging. Santapan alaminya berbentuk ikan kecil, anak ikan, anak katak, plankton, zooplankton, zoobenthos serta tipe fauna kecil yang lain.

Ikan betutu terkategori ikan yang populer secara berkelompok ditempat yang terlindung disekitar tanaman air, batu- batuan ataupun substrat kayu. Tempat berlindung ikan betutu pula digunakan buat tempat melekat kokoh badan induknya.

Proses Kawin Ikan Betutu

Ikan betutu betina serta ikan betutu jantang yang sudah matang kelaminnya tersebut, hendak berpijah dengan cara betina hendak meletakkan ataupun melekatkan telurnya pada tanaman air, batu- batuan, kayu- kayuan setelah itu pada dikala yang bertepatan ikan jantan hendak menyemprotkan mani pada telur tersebut.

Telur- telur yang sudah dibuahi hendak menetas dalam waktu 2- 4 hari di temperatur 240– 240C. dalam sekali memijah, satu induk betina hendak menghasilkan telur sebanyak 40. 000 butir. Usia ikan betutu matang pada usia 1 tahun.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network