7 Cara Merawat Ikan Gabus Hias untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Dean Ismail
Cara Merawat Ikan Gabus Hias. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ikan Channa ataupun ikan gabus hias akhir- akhir ini memanglah lumayan terkenal di golongan pencinta ikan. Tidak hanya sebab mempunyai wujud yang indah, cara merawat ikan Channa ini juga dapat dikatakan tidak sangat ribet. Walaupun demikian, terdapat sebagian perihal yang senantiasa wajib dicermati kala merawat tipe ikan ini.

Dikutip dari Meet the Pet, ikan Channa mempunyai nama latin Channidae. Ikan ini tercantum dalam anggota keluarga ikan air tawar bersirip pari dari ordo Anabantiforme. Dalam bahasa Inggris, ikan ini diketahui selaku snakehead sebab mempunyai sisik serta wujud kepala yang mirip dengan ular.

Terdapat 3 genus yang dikenal dikala ini, sayangnya salah satu genusnya telah punah. Yang masih tersisa merupakan genus Parachanna yang tersebar di Afrika serta genus Channa yang tersebar di Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Timur, serta terdapat pula yang tersebar di sebagian kawasan Amerika Utara.

Dikutip dari Benak Rakyat, di Indonesia, ikan ini jadi terkenal sebab biayanya yang lumayan fantastis. Terdapat sebagian tipe ikan Channa yang mempunyai harga hingga jutaan rupiah.

Salah satu tipe ikan Channa yang diucap ikan Channa Barca apalagi menggapai harga 55 juta rupiah satu ekornya. Sisi eksotis dari sisik yang dimilikinya jadi dimensi harga dari ikan ini.

7 Cara Merawat Ikan Gabus Hias untuk Pemula

Untuk Parents yang tertarik untuk memelihara ikan tipe ini, terdapat sebagian panduan yang butuh dicermati. Berikut ini kami bahas panduan merawat ikan Channa yang kami rangkum dari bermacam sumber.

1. Memasukkan ke Akuarium

Panduan yang wajib dicermati merupakan menimpa cara memasukkan ikan ke akuarium. Sehabis Parents membeli ikan ini serta membawanya kembali, lebih baik Parents tidak langsung memasukkannya ke dalam akuarium. Perkenankan ikan masih di dalam kemasan serta apungkan saja ke dalam akurium.

Apungkan ikan dalam kemasan tersebut dalam waktu 15 sampai 30 menit. Cara ini dicoba supaya ikan menyesuaikan diri dengan temperatur air dalam akuarium. Tidak hanya itu, supaya ikan pula akrab dengan visual akuarium.

Setelah itu, masukkan ikan ke dalam wadah yang sudah diberi air dari akuarium serta buang air yang terdapat dalam kemasan. Sehabis sebagian dikala, ikan dapat dimasukkan ke dalam akuarium.

2. Berikan Makan Ikan Channa

Kala ikan Channa telah dimasukkan ke dalam akuarium, lebih baik ikan Channa tidak langsung diberi makan. Pemberian makan terhadap ikan Channa hendaknya dicoba satu hari sehabis ikan tersebut terletak di akuarium. Santapan yang diberikan juga hendaknya sama dengan tipe pakan yang diberikan oleh tempat pembelian.

Tetapi, bila tidak, perkenankan pakan yang berasal dari tempat pembelian tercerna sempurna. Parents dapat memandang dari dari bagian ikan Channa. Apabila telah kempis ataupun datar, dapat jadi pakan tersebut telah tercerna secara sempurna. Untuk pemberian makan, Parents dapat membagikan 3 hari sekali untuk ikan Channa berusia.

Hendak namun, bila ikan yang dibeli berdimensi lebih kecil, pemberian pakan dapat dicoba 2 hari sekali dengan jatah yang lebih sedikit. Setelah itu, dalam seminggu, hendaknya Parents membagikan puasa ataupun sela waktu makan untuk ikan Channa sepanjang satu sampai 2 hari. Perihal ini dicoba supaya ikan mempunyai badan yang senantiasa sepadan.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network