Penyebab Motor Tiba-Tiba Mati Saat Digas dan Solusinya

Ferdinando Tamaro
Penyebab Motor Tiba-Tiba Mati Saat Digas dan Solusinya (Foto : iNews.id)

BATU, iNewsBatu.id - Permasalahan motor menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Dengan mayoritas menggunakan motor injeksi. Motor ini mudah dioperasikan. Meski begitu, tak jarang motor injeksi mati saat digas.

Diketahui, motor injeksi mengandalkan injector untuk memasok bahan bakar mesin. Jika motor ini mengalami masalah saat melaju, tetap tenang dan tepikan motor.

Lalu, apa saja yang dapat menyebabkan motor injeksi mati saat digas? Berikut 10 penyebabnya, sebagaimana dilansir dari laman resmi Suzuki, Kamis (20/6/2024) :

1. Bahan Bakar Berkualitas Rendah

Faktor pertama yang dapat menyebabkan motor injeksi tiba-tiba mati saat digas yaitu bahan bakar yang digunakan berkualitas rendah. Kualitas bahan bakar dapat memengaruhi kinerja kendaraan, termasuk motor injeksi.

Bahan bakar berkualitas rendah memiliki oktan yang rendah. Bahan bakar ini dapat mengakibatkan motor mati mendadak pada saat digas.

Solusinya, gunakanlah bahan bakar dengan oktan yang direkomendasikan pabrikan motor. Selain itu, gunakan bahan yang tidak terkontaminasi partikel lain. Hal ini agar kerusakan pada sistem injeksi dapat diminimaliskan.

2. Aki Rusak

Aki yang rusak atau daya yang lemah bisa berdampak besar pada sistem starter dan sistem injeksi pada motor.

Tanpa daya yang cukup, ECU (Electronic Control Unit) motor tidak dapat mengatur injeksi bahan bakar dengan efektif, yang bisa menyebabkan motor tidak mau menyala atau mati saat beroperasi.

Karena itu, pemeriksalah secara berkala aki motor dan pastikan sistem pengisian bekerja dengan baik. Jika aki sudah menunjukkan tanda-tanda melemah, seperti sulit distarter atau lampu motor redup, segera gantilah aki tersebut.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network