Pasutri di Malang Sukses Olah Bolen hingga Ekspor ke Eropa, Raup Cuan Rp70 Juta/Bulan

Avirista Midaada
Pasutri di Malang Sukses Olah Kue Bolen tembus pasar ekspor (Foto: Okezone)

Beberapa kota besar di Indonesia menjadi pangsa pasar domestik kue bolen ini. Menurutnya, nyaris seluruh wilayah Jawa Timur sudah pernah menjadi pangsa pasarnya, kemudian di Bali, setidaknya ada 11 toko oleh-oleh yang menjual produk bolen.

Kemudian di Yogyakarta, Semarang, Bandung, Jakarta, bahkan Ismi menyatakan pernah mengirim bolen itu ke Pulau Kalimantan hingga Sulawesi.

"Ketika Pandemi itu ramai-ramainya kirim ke Hongkong, itu pengiriman reguler, sebelum pandemi sudah mulai. Sekarang setelah pandemi masih tetap ada pengiriman reguler, terakhir itu ngirim 70 boks, setiap boksnya isi 10 bolen. Di sana ada reseller, biasanya dijual lagi, terus ke Malaysia juga, kemarin sempat difotokan bolennya sampai Malaysia," paparnya.

Perempuan berusia 48 tahun ini menambahkan, pangsa pasarnya kian bertambah ketika ada turis asal Prancis yang memesan bolen buatannya. Bahkan dalam rentang waktu setahun lebih terakhir turis itu rutin membeli produknya.

"Dia ini turis kemarin ke sini pesan 10 boks dibawa ke Paris katanya. Sudah beberapa kali pesan, biasanya yang dari luar kota, luar pulau, dan luar negeri tahu dari Instagram, terus repeat order (pesan lagi)," terangnya.

Bahkan beberapa hari ke depan kata Ismi, turis asal Perancis ini juga kembali memesan bolennya. Bolen itu rencananya akan dibawa ke Amsterdam, Belanda, untuk buah tangan temannya.

"Besok ini dia pesan lagi, katanya mau dibawa ke Amsterdam Belanda, dibuat oleh-oleh katanya," ucapnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network