Situbondo Ethnic Festival 2024 Diikuti 3.000 Penari Lokal Maupun Nasional

Arief Yuda
peserta SEF dari Kecamatan Situbondo saat perform di hadapan Bupati dan Wakil Bupati serta tamu undangan lainnya (Foto: iNewsBatu.id/Arief Yuda)

SITUBONDO, iNewsBatu.id - Pemkab Situbondo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat kembali menggelar Situbondo Ethnic Festival (SEF) 2024, Sabtu (24/8/2024).

SEF yang bertajuk "Ritus" Insparies The Dance tersebut di ikuti kurang lebih 3.000 peserta dan dibuka langsung oleh Bupati Situbondo Karna Suswandi. Pada kesempatan itu juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Timur serta Perwakilan Bupati dari 3 Kabupaten yakni Banyuwangi, Bondowoso dan Sumenep serta tamu undangan.

Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan SEF ke-3 tahun 2024 salah satu upaya menggali potensi-potensi budaya lokal yang tersebesar di 17 kecamatan, Kabupaten Situbondo.

"Kesenian tari tradisional asli dari 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo ini, diharapkan mampu tampil di tingkat regional, nasional dan internasional", katanya.

Tujuan dari SEF ini untuk melestarikan dan menampilkan kesenian dan kebudayaan lokal di 17 kecamatan Kabupaten Situbondo. Situbondo Ethnic Festival dilaksanakan sudah ketiga kalinya sejak kepemimpinan Bupati Karna Suswandi dan Wakil Bupati Situbondo Hj. Khoirani.

Lebih lanjut, Bupati Karna menjelaskan, SEF ini bukan hanya di ikuti para penari lokal Situbondo saja. Akan tetapi, juga ada penampilan tari dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, STKW Surabaya dan Universitas Negeri Malang, dan Madura serta perwakilan penari dari Sumatera hingga Bali.

"SEF 2024 ini merupakan inovasi terbaru pemerintah daerah kabupaten Situbondo. Semoga dengan adanya SEF tahun ketiga ini, Kabupaten Situbondo semakin terkenal di tingkat Regional, Nasional maupun Internasional", terangnya.

Tidak hanya itu yang disampaikan Bupati Situbondo, namun Karna Suswandi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan SEF 2024 itu. Kepada masyarakat Kabupaten Situbondo dan semua kepala sekolah serta camat se Kabupaten Situbondo yang telah terlibat dalam kegiatan SEF ini, kami sampaikan terima kasih atas dedikasinya, khusunya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten sebagai leading sektornya.

"Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini Kabupaten Situbondo akan semakin dikenal di tingkat Nasional maupun Internasional. Budaya lokal nusantara dalam tari kreasi tradisional dan modern di Kabupaten Situbondo ini terus bisa dilestarikan", pungkasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network