Euforia HUT Kota Batu, Diwarnai Kebakaran Lahan dan Pohon Tumbang

Taufik Hidayat
Kebakaran lahan di Kota Batu (Foto: Istimewa)

KOTA BATU, Batu.iNews.id-Perayaan ulang tahun ke-23 Kota Batu pada Kamis (17/10/2024) diwarnai dengan beberapa kejadian tak terduga. Selain perayaan yang semarak, ada juga insiden kebakaran lahan dan pohon tumbang di beberapa lokasi yang membuat suasana sedikit berbeda.

Kebakaran lahan terjadi di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, pada Kamis malam. Penyebabnya adalah aksi seorang warga yang membakar sampah tanpa pengawasan, yang kemudian api meluas dan membakar rumpun bambu seluas sekitar 20x100 meter.

“Kebakaran ini disebabkan oleh warga yang membakar sampah dan tidak mengawasinya. Akibatnya, api menyebar ke lahan sekitar,” jelas Agung Sedayu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, pada Jumat (18/10/2024).

Untungnya, petugas pemadam kebakaran Kota Batu bergerak cepat, sehingga api tidak sempat menjalar lebih luas. Agung juga mengingatkan warga untuk berhati-hati, terutama saat membakar sampah atau sisa tanaman di musim kemarau.

Tak hanya kebakaran, sebuah pohon dadap setinggi 20 meter tumbang di Jalan Trunojoyo (Payung 2), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, pada hari yang sama. Pohon besar tersebut sempat menutup sebagian jalan dan mengganggu lalu lintas.

Namun, tim BPBD segera membersihkan lokasi, dan situasi kembali normal. “Saat ini jalan sudah bisa dilalui lagi oleh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat,” tambah Agung.

BPBD juga terus mengingatkan warga agar waspada selama musim kemarau yang sering kali disertai angin kencang, dan segera melaporkan jika ada pohon atau baliho yang berpotensi membahayakan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network