get app
inews
Aa Read Next : 15 Universitas Terbaik Se-Indonesia Dengan Jurusan Ilmu Komunikasi,  Wajib Simak Hal Ini!

5 Hal Yang Bisa Membangkitkan Kamu untuk Segera Menyelesaikan Skripsi

Kamis, 14 Juli 2022 | 14:17 WIB
header img
ilustrasi mengerjakan skripsi (freepik)

BATU, inews.id - Bagi sebagian besar mahasiswa, momen perjuangan yang paling dramatis adalah momen tugas akhir atau skripsi.

Bagaimana tidak, kamu harus benar-benar berjuang untuk menyelesaikan skripsi karena cepat lambatnya lulus kuliah ditentukan dari bagaimana kamu mengerjakan skripsi. Hal ini dapat diperparah ketika dapat dosen yang susah ditemui plus teliti.

Pasti otomatis predikat mahasiswa abadi tersemat pada namamu. Nah, di bawah ini ada 5 hal yang dapat meningkatkan semangatmu dalam menyelesaikan skripsi.

1. Orang tua

Hal pertama yang bisa meningkatkan semangatmu adalah orang tua. Yap, orang tua adalah orang yang memfasilitasi kamu selama dibangku perkuliahan.

Kenapa orang tua bisa membuatmu terus semangat? Karena orang tuamu tidak mungkin selamanya memfasilitasimu dengan alasan malas mengerjakan skripsi.

Disisi yang lain, biarpun kamu sudah bekerja dan mendapat uang saku sendiri, apakah kamu tidak malu kepada orang tuamu. Padahal kewajiban utamamu adalah lulus kuliah, bukan mencari kerja sambil kuliah.

Selain itu, tetanggamu akan banyak bertanya mengenai kelulusanmu dan sasaranya adalah orang tuamu. Kalau sudah begini siapa yang malu? Kamu atau orang tuamu? Orang tua lagi kan pasti.

Oleh karena itu, jangan membuat orang tuamu mengeluarkan uang lebih untuk kemalasanmu mengerjakan skripsi dan jangan semakin menambah malu orang tuamu karena kamu sengaja menterlantakarkan skripsimu.

2. Cumlaude

Kalian sudah pasti senang kan jika memiliki IPK cumlaude. Tapi tahu gak IPK cumlaude itu hanya bisa didapat jika kalian tidak memiliki nilai C dan lulus harus dibawah atau sama dengan 4 tahun.

Tapi jika skripsimu tertunda karena malas, yang seharusnya kamu cumlaude malah jadi tidak cumlaude. Kan sayang banget tuh?.

Tapi jika kamu batal mendapat cumlaude gara-gara factor X, kamu pantas menyesal. Karena predikat cumlaude bisa mengantarmu menuju babak selanjutnya dengan sedikit lebih mudah.

Misalkan jika ingin melamar beasiswa S2, kamu akan lebih mudah untuk lolos administrasi. Banyak perusahaan-perusahaan besar juga tertarik dengan lulusan dengan predikat cumlaude.

3. Pekerjaan

Banyak mahasiswa setelah lulus pasti menginginkan dapat pekerjaan dengan cepat. Namun, hal ini akan sedikit tersendat ketika kamu belum selesai mengerjakan skripsimu.

Hal itu berarti peluangmu untuk mendapat pekerjaan didahului temanmu yang sudah lulus terlebih dahulu. Bener gak tu? Meskipun dipikiran kalian pasti bilang seperti ini ‘kalau sudah rejeki pasti gak kemana kok’.

Iya bener sih, rejeki itu gak kemana. Tapi kalau kamu males untuk mendapat rejeki, siapa yang mau ngasih?. Mengerjakan kewajiban skripsi aja ogah-ogahan apalagi untuk mencari rejeki.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut