get app
inews
Aa Read Next : 7 Penyebab Darah Haid Cokelat, Perempuan Wajib Tahu!

Jangan Risau, Inilah Cara Mengatasi Telat Haid Dijamin Aman dan Mudah

Selasa, 26 Juli 2022 | 10:53 WIB
header img
Ilustrasi telat datang bulan atau haid (foto: freepik)

BATU, iNews.id - Sebagai perempuan tentu pernah merasakan haid atau datang bulan. Biasanya haid dirasakan oleh wanita mulai usia sekitar 12 tahun ke atas.

Dimana haid atau menstruasi sebagai keadaan pendarahan pada uterus yang mengalir dari rahim selanjutnya keluar melalui vagina. Haid biasanya terjadi teratur tiap bulannya.

Tetapi untuk beberapa keadaan seringkali juga haid datang telat. Oleh karena itu langkah mengatasi telat haid menjadi pengetahuan yang perlu untuk dipahami oleh wanita.

Diperoleh keterangan bahwa jika siklus menstruasi normal umumnya terjadi 21-35 hari sekali. Durasi waktu pendarahan dapat terjadi di antara 2-8 hari. Tetapi waktu itu tidak menjadi dasar, karena kadang haid datang terlambat atau bahkan juga bisa lebih cepat.

Selain kehamilan, ada banyak keadaan yang menjadi pemicu haid datang telat. Berikut penjelasan terkait pemicu haid terlambat, ciri-cirinya, dan cara untuk mengatasinya.

Penyebab Terlambat Haid

  • Obesitas

Obesitas atau berat tubuh berlebihan dapat menyebabkan mestruasi datang telat. Karena saat berat tubuh tidak normal karena itu bisa mengakibatkan perubahan hormon.

Oleh karena itu, jaga berat tubuh ideal jadi poin penting untuk seorang wanita.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut