get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara Minum Pil KB yang Benar dan Tepat, Bisa Dicoba!

Ciri-Ciri Anak Perempuan Pubertas, Ini Yang Harus Kamu Ketahui!

Sabtu, 30 Juli 2022 | 09:16 WIB
header img
ilustrasi anak perempuan pubertas. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Kebanyakan anak perempuan pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan anak laki-laki. Dalam masa ini anak perempuan mulai mengalami perubahan di tubuhnya mulai dari payudara mulai berkembang, tumbuhnya jerawat, dan masih banyak lagi.

Jadi, apakah kamu dapat menebak pada usia berapa anak perempuan memulai masa pubertasnya? Apa 12 tahun, 15 tahun, atau 17 tahun? Salah semua.

Pubertas pada anak perempuan ternyata sering kali dimulai lebih awal dari yang diperkirakan orang tua, yaitu di umur 8-13 tahun.

Umur 8-13 tahun disebut sebagai puncak pertumbuhan anak (growth spurt) atau dikenal masa perkembangan paling cepat kedua sesudah masa bayi. Saat masuk masa pubertas, si kecil bukan hanya mengalami perubahan secara fisik saja, tetapi dari sisi emosional.

Nah, agar si remaja putri semakin siap menyambut masa pubertas, berikut beberapa tanda anak perempuan memasuki masa pubertas yang harus kalian ketahui:

1. Payudara mulai tumbuh

Salah satu tanda yang paling terlihat saat anak perempuan masuk masa puber adalah payudara yang mulai tumbuh. Saat payudara mulai membesar, ada saatnya si kecil akan mengalami nyeri di bagian dada.

Oh ya, biasanya pertumbuhan payudara kanan dan kiri bisa jadi tidak sama, ya. Tetapi tak perlu khawatir, karena hal itu masih normal.

2. Mulai tumbuh rambut di area tertentu

Tanda pubertas anak perempuan setelah itu munculnya rambut atau bulu di area tertentu, seperti pada area kaki, ketiak, dan vagina. Awalannya rambut-rambut itu tumbuh sedikit dan halus, tetapi seiring bertambahnya usia akan menjadi lebih keriting dan agak kasar.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut