get app
inews
Aa Read Next : Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Cantengan Pada Jempol Kaki, Jangan Sampai Diabaikan

Kulit Kaki Kering? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:04 WIB
header img
Ilustrasi kulit kaki kering (sindonews.com)

Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering

Apabila Anda mengalami kulit kaki kering, tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasinya. Berikut di antaranya:

1. Aplikasikan Pelembap

Dalam mengatasi kulit kaki kering, Anda bisa mengaplikasikan pelembap sehingga kulit kaki kembali terhidrasi.

Ada dua jenis bahan pelembab yang harus dicari, yakni emolien dan pelembab humektan. Emolien akan menghidrasi dengan menembus kulit dan mengisi celah di antara serpihan kulit, sekaligus mampu membuat kulit terasa halus, lembut, dan fleksibel. Humektan juga menembus lapisan kulit luar, tetapi bukan mengurangi kehilangan air, mereka akan menarik dan mempertahankan kelembapan dari udara dan meningkatkan kapasitas air kulit.

Namun, jika Anda tinggal di lingkungan yang terlalu kering di mana tidak banyak uap air di udara, humektan dapat menarik uap air dari lapisan kulit yang lebih rendah daripada udara, dan hal ini justru dapat memperburuk kondisi kulit kaki yang kering.

2. Bersihkan Kaki dengan Sabun Bebas Busa

Apabila kulit kering disebabkan oleh sabun, Anda sebaiknya menghentikan penggunaan sabun tersebut agar kulit kaki kering tidak semakin parah. Salah satu tanda sabun yang menyebabkan kulit kaki kering, yaitu adanya sensasi seperti kulit tertarik.

Ketika kulit kaki kering, sebaiknya Anda menggunakan sabun bebas busa agar kulit kembali terhidrasi. Sabun tanpa busa ini biasanya hadir dalam bentuk krim atau cairan seperti susu.

Sabun tersebut akan menghilangkan efek kulit yang tertarik dan menggantikannya dengan efek melembutkan dan melembapkan.

3. Eksfoliasi Kulit Mati

Ketika Anda mengalami kulit kaki kering, disarankan untuk melakukan pengelupasan kulit kaki kering atau eksfoliasi. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kondisi kulit kaki yang lebih buruk, seperti pecah-pecah atau pendarahan.

Lakukan eksfoliasi (pengelupasan kulit) setelah mandi, saat kulit kaki basah dan melembut.

Merontokkan kulit mati atau proses pengelupasan kulit bisa dilakukan dengan batu apung atau scrub khusus kaki.

Anda bisa menggunakan pelembab sebelum menggunakan batu apung atau media pengelupasan lainnya.

Dengan sel kulit mati yang hilang, kulit kaki kering akan terasa lebih halus dan mudah untuk dikembalikan hidrasinya. Caranya, dengan menggunakan produk pelembap dengan formula khusus untuk kulit kaki kering.

Namun, sebaiknya jangan terlalu keras saat menggosok atau mengeksfoliasi kulit kaki. Cukup lakukan dengan lembut dan hati-hati agar kulit kaki kering tidak iritasi. Selain itu, jangan lakukan ekfoliasi terlalu sering karena akan memperburuk kulit kaki. Fokuslah untuk menghidrasi kulit kaki.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut