Logo Network
Network

Kulit Kaki Kering? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Dean Ismail
.
Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:04 WIB
Kulit Kaki Kering? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah
Ilustrasi kulit kaki kering (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Kulit kaki kering dapat menjadi masalah yang dapat mengganggu penampilan Anda sehingga tidak dapat disepelekan. Selain itu, kulit kaki kering juga dapat memicu terjadinya tumit pecah-pecah dan permasalah kulit kaki lainnya.

Tak hanya membuat rasa percaya diri untuk tampil berkurang, kulit kaki kering juga mungkin akan mengganggu kenyamanan saat Anda berjalan dan melakukan aktivitas.

Lalu sebenarnya, apa penyebab kulit kaki kering dan ada kah cara untuk mengatasi kulit kaki kering? Simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Kulit Kaki Kering

Terdapat beragam penyebab yang dapat menimbulkan kulit kaki kering. Misalnya, karena Anda menggunakan sepatu terlalu lama sehingga terjadi perubahan panas dan kelembapan di dalamnya.

Air pada kulit kaki pun berkurang, jadi kulit kaki menjadi kering dan lapisan kulit kaki akan menebal.

Penggunaan sabun tertentu juga mungkin menyebabkan kulit kaki kering. Hal ini karena salah satu bahan dalam sabun bisa menghilangkan minyak atau air pelindung alami di kulit kaki. Selain itu, sabun bisa saja meninggalkan residu iritasi yang berkontribusi pada kulit kaki kering.

Adanya perubahan cuaca yang ekstrim hingga terlalu dingin, sering kali menyebabkan kulit kaki menjadi kering. Ketika Anda berada pada cuaca dingin dan mencoba menggunakan penghangat ruangan, kelembapan pun berkurang. Jadi, kulit kaki kering.

Tak hanya hal-hal di atas, suatu kondisi medis di bawah ini juga bisa menimbulkan kulit kaki kering:

1. Eksim

Eksim ditandai dengan kulit kaki kering, terasa gatal, dan apabila digaruk akan menyebabkan kaki terlihat bersisik bahkan mengelupas. Biasanya, dokter akan merekomendasikan krim pelembap atau lotion untuk mengatasi kulit kaki kering karena eksim.

2. Kaki Atlet

Kaki atlet atau athlete's foot merupakan kondisi kulit kaki kering yang disebabkan oleh jamur akibat terlalu lama menggunakan kaos kaki yang basah atau berkeringat.

Hal ini bisa menular pada orang lain melalui kontak langsung atau ketika mereka menggunakan kaos kaki dan handuk bersama penderita.

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini