get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Mencuci Tas Kanvas Agar Tidak Mudah Rusak, Ikuti Langkahnya

Tips Merawat Bodi Motor Agar Tidak Kusam dan Tampil Mempesona

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:24 WIB
header img
Ilustrasi Merawat Bodi Motor. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Merawat sepeda motor kesayangan sebagai hal yang harus dilakukan. Jika motor tetap bersih dan kinclong, tentunya akan enak dilihat dan menambah rasa optimis saat menggunakan sepeda motor untuk beragam aktivitas.

Selain menjaga sepeda motor tetap terlihat bersih, merawat cat bodi motor agar tidak berubah menjadi kusam seiring penggunaan juga penting untuk dilakukan. Berikut, beberapa tips yang dapat kita kerjakan untuk membuat bodi motor masih tetap tampak cerah, seperti dikutip Suzuki Indonesia:

1) Rutin mencuci motor

Hal yang paling penting untuk menjaga bodi motor tidak kusam adalah rutin mencucinya. Dengan terus menjaga kebersihan motor, paling tidak kita dapat memelihara motor supaya tampak tetap mengilap. Biasakanlah mencuci motor minimal satu minggu 2x. Saat mencuci, gunakanlah shampo khusus motor dan bukan deterjen.

Mengapa tidak disarankan menggunakan deterjen? Karena deterjen dapat membuat warna cat motor jadi mudah kusam dan pudar.

2) Bersihkan motor secara detil

Banyak orang hanya membersihkan motor di bagian yang terlihat saja. Walau sebenarnya, ada banyak komponen metal yang sebenarnya dapat dijaga tetap mengilap. Gunakanlah sikat gigi bekas dan kuas untuk membersihkan sudut-sudut tidak terjangkau pada motor. Jika ada bekas oli yang kemungkinan menempel, gosoklah dengan kain yang diberi sedikit bensin.

3) Segera cuci setelah terkena air hujan

Jika motor baru saja terkena air hujan, segera bersihkan. Ini penting untuk dilakukan segera agar air hujan tidak terlalu lama menempel di bodi motor. Ingat, zat garam dari hujan itu mempunyai sifat korosif dan dapat membuat komponen metal motor menjadi berkarat dan dapat membuat cat bodi motor menjadi kusam.

Motor jangan langsung dilap sesudah terkena hujan karena debu-debu yang menempel di motor dapat membuat bodi motor menjadi lecet. Siramkan air dulu ke semua motor supaya debu yang menempel hilang, baru proses mencuci motor dilakukan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut