get app
inews
Aa Read Next : 4 Khasiat Masker Putih Telur buat Wajah Menawan Bersinar

Tips Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak  Agar Tampil Cantik dan Menarik

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:34 WIB
header img
Ilustrasi Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak. (inews.id)

BATU, iNews.id - Mempunyai kulit wajah sensitif dan berminyak bukan jadi penghalang untuk tetap tampil mempesona dan percaya diri. Bila Anda mempunyai tipe kulit itu, ada beberapa cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak yang dapat Anda kerjakan di rumah.

Pada umumnya, jenis kulit wajah terdiri menjadi beberapa tipe, yakni jenis kulit normal, kulit kering, kulit kombinasi, kulit sensitif, dan kulit berminyak. Dari semua tipe kulit itu, tipe kulit sensitif dan kulit berminyak umumnya lebih membutuhkan perawatan ekstra.

Kulit sensitif cenderung kering, mudah mengalami iritasi dan kerap terkelupas, dan terasa perih saat terpapar zat tertentu, seperti polusi dan bahan kimia dalam produk kosmetik atau sabun. Dalam pada itu, jenis kulit wajah berminyak rentan pada jerawat, komedo, flek hitam, dan terlihat kusam.

Untuk menjaga kondisi kulit wajah tetap sehat, hal penting yang penting Anda kerjakan adalah merawatnya sesuai tipe kulit. Cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak bisa dilakukan dengan memakai teknik dan produk perawatan kulit wajah yang sesuai kedua jenis kulit itu.

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Kering

Berikut adalah panduan merawat kulit sensitif dan cenderung kering yang bisa Anda coba lakukan:

1. Bersihkan wajah secara rutin

Agar terus sehat dan bersih, kulit wajah perlu dicuci 2x sehari pada pagi hari dan menjelang tidur malam.

Saat mencuci wajah, gunakan sabun pembersih wajah berbahan kimia halus dan hindari menggosok wajah terlalu kuat. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih secara perlahan.

2. Gunakan pelembab

Kulit wajah sensitif rentan kering dan mengelupas. Maka dari itu, oleskan pelembab di wajah secara rutin setelah mandi dan cuci muka. Tetapi, pemilik kulit wajah sensitif perlu lebih selektif dalam memilih pelembap.

Untuk melembapkan kulit wajah yang sensitif, seharusnya pilih pelembap yang mengandung petrolatum, dimethicone, hyaluronic acid, ceramide, atau niacinamide. Beberapa bahan itu cenderung aman dan bagus untuk merawat kulit sensitif.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut