get app
inews
Aa Read Next : 4 Khasiat Masker Putih Telur buat Wajah Menawan Bersinar

5 Cara Menghilangkan Keringat Buntet di Wajah Dijamin Ampuh

Minggu, 11 Desember 2022 | 09:41 WIB
header img
Cara Menghilangkan Keringat Buntet di Wajah. (inews.id)

BATU, iNews.id - Hai Kak, apa kabar? Semoga baik-baik saja, ya! Kali ini saya akan membahas topik yang berhubungan dengan kecantikan, yakni cara menghilangkan keringat buntet di wajah. Pasti kepo, kan? Yuk, simak ulasan lengkap di bawah ini.

Gatal dan ruam-ruam merah pada kulit adalah gejala keringat buntet atau biang keringat. Jika keringat buntet sampai terjadi di wajah, pasti rasanya sangat menyiksa. Kalau Kakak menerapkan langkah-langkah berikut, keringat buntet bisa segera sembuh, lho.

Cara Menghilangkan Keringat Buntet di Wajah Tanpa Bantuan Dokter

1. Dinginkan Wajah

Salah satu penyebab keringat buntet adalah cuaca yang sangat panas, maka pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan keringat buntet adalah dengan mendinginkan tubuh.

Ada banyak cara yang bisa Kakak lakukan seperti menyalakan kipas angin, berdiam di ruangan ber-AC, hingga mengompres wajah dengan es batu.  Mengompres wajah dengan es batu merupakan cara menghilangkan keringat buntet di wajah, apabila rasa panas pada wajah tidak kunjung hilang.

Ambil es batu secukupnya, lapisi dengan kain bersih, lalu kompres seluruh bagian wajah terutama yang menjadi pusat keluarnya keringat (biasanya area T, kening, dan dagu).

2. Hentikan Penggunaan Skincare dan Make Up

Biang keringat bisa terjadi karena kelenjar keringat mampet atau tersumbat (bahasa Jawa: buntet).  Penggunaan skincare maupun make up (terutama bedak, BB cream, dan cushion) bisa memperparah tersumbatnya kelenjar keringat.  Oleh karena itu, selagi  mengalami keringat buntet sebaiknya hentikan penggunaan skincare dan make up. 

3. Perbanyak Minum Air Putih dan Hindari Kafein

Keringat yang terus keluar bisa membuat kulit kering. Kulit yang kering akan sangat sensitif dengan cuaca panas. Supaya kulit tidak dehidrasi, maka Kakak perlu banyak minum air mineral maupun minuman berisotonik.

Jika kulit wajah sampai terasa kering selama biang keringat terjadi, tidak perlu mengoleskan minyak esensial maupun pelembab pada wajah. Soalnya, seperti yang dijelaskan pada poin nomor 2, skincare bisa membuat kelenjar keringat makin mampet.

Selain memperbanyak minum air putih maupun minuman isotonik, hindari minuman yang mengandung kafein. Kafein akan membuat Kakak cepat dehidrasi, mengkonsumsi kafein akan memperparah keringat buntet.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut