get app
inews
Aa Read Next : 7 Tips Agar Kulit Putih Berseri Dengan Masker Secara Alami

5 Cara Menghilangkan Jerawat dan Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Jum'at, 09 Desember 2022 | 14:56 WIB
header img
Cara Menghilangkan Jerawat dan Memutihkan Wajah. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Jerawat dan kulit kusam adalah masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Karena berada di iklim tropis, kualitas udara di beberapa kota buru, dan hobi banget makan gorengan.  Ada cara menghilangkan jerawat dan memutihkan wajah dengan bahan alami. Kalau Kakak termasuk orang yang galau karena jerawat dan kulit kusam, maka perlu coba cara berikut:

5 Cara Menghilangkan Jerawat dan Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

1. Oleskan Air Jeruk Lemon/Jeruk Nipis

Sabun pencuci piring merk apapun banyak yang mengklaim, bahwa produk mereka dapat menghilangkan lemak membandel, tentunya pada alat makan. Soalnya, produknya banyak mengandung ekstrak jeruk nipis maupun jeruk lemon.

Kenapa merk-merk sabun cuci piring hampir selalu mengandung lemon maupun jeruk nipis? Itu karena lemon maupun jeruk nipis dapat mengurangi kadar minyak, termasuk kadar minyak pada wajah.

Orang-orang dengan tipe wajah berminyak pasti mengalami masalah jerawat, orang-orang dengan tipe kulit kering hampir jarang memiliki jerawat. Sehingga untuk menghilangkan jerawat, maka kandungan minyak pada wajah perlu dikurangi.

Kakak bisa mengoleskan air jeruk lemon maupun air jeruk nipis langsung pada wajah seperti menggunakan masker. Setelah kering bilas dengan air hangat.

Air jeruk juga dapat Kakak gunakan untuk mencuci wajah. Jika untuk mencuci wajah, maka campur air jeruk dengan air bersih, jangan gunakan air jeruk murni untuk mencuci wajah.

Selain akan membuat kadar minyak di wajah berkurang dan mengeringkan jerawat, kandungan vitamin C pada jeruk dapat mencerahkan warna kulit wajah serta meratakan warna kulit.

2. Masker dengan Yoghurt

Yoghurt banyak disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Alasannya karena di dalam yoghurt terkandung asam laktat yang berfungsi melarutkan lemak.

Jadi, menjadikan yogurt sebagai masker wajah juga dapat melarutkan lemak jerawat yang menggumpal. Jerawat akan mengempis dan mengering.  Selain mengandung asam laktat, yoghurt yang memiliki bahan dasar susu sapi dapat mencerahkan kulit wajah yang kusam dan menyamarkan noda hitam.

Cara menghilangkan jerawat dan memutihkan wajah dengan bahan alami menggunakan yoghurt sangat mudah. Yoghurt tidak perlu dicampur oleh bahan lainnya, karena dapat langsung digunakan sebagai masker.

Saat ini banyak banget produk yoghurt yang mengandung gula dan perisa buah-buahan. Karena akan digunakan untuk maskeran, maka Kakak wajib menggunakan yoghurt plain agar wajah tidak diserbu semut.

3. Masker Oatmeals/Gandum

Oatmeals merupakan gandum dan biji-bijian yang merupakan makanan pokok masyarakat Eropa dan Amerika. Bentuknya seperti bubur nasi, tetapi  masih terdapat serpihan-serpihan biji-bijian.

Selain sebagai sumber energi, Kakak bisa menggunakan oatmeal sebagai masker scrub. Campur oatmeal dengan air bersih hangat maupun susu kambing murni hingga mengental. Setelahnya, gunakan untuk maskeran.

Bila sudah kering jangan buru-buru mencuci wajah, gosok-gosok oatmeal yang sudah kering hingga rontok dari wajah, lalu cuci wajah Kakak hingga bersih.

Oatmeals akan membuat wajah lembut, mengangkat kotoran dan sel kulit mati sehingga wajah menjadi cerah. Sedangkan kandungan alpha hydroxy acid pada susu kambing akan mengusir jerawat membandel di wajah.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut