get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Kuning yang Bikin Nggak Percaya Diri

Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:03 WIB
header img
Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Kuning. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Kebanyakan orang tercipta dengan gigi berwarna gading, tetapi ada bermacam warna yang terjadi secara alami, mulai dari kuning sampai abu-abu. Warna gigi Anda ditentukan oleh DNA secara sama saat DNA menentukan warna mata atau rambut.

Meskipun begitu, ternyata tidak sedikit orang yang mempunyai gigi kuning. Warna kuning bukan tanda dari buruknya kesehatan mulut, namun gigi kuning biasanya disebabkan karena kebiasaan jelek pada gigi. Bila tidak cari cara mengatasi gigi kuning dengan selekasnya, bukan tidak mungkin akan berlanjut sampai timbul kerusakan pada gigi.

Maka dari itu, sebelum membahas cara mengatasi gigi kuning, silahkan kita lihat beberapa penyebab perubahan warna gigi yang paling umum.

Gigi yang Tidak Bersih

Timbunan plak adalah satu dari penyebab-penyebab khusus noda gigi. Karies dapat ada karena berbagai hal, dimulai dari menumpuknya jaringan ludah sedikit demi sedikit, sampai bekas makanan yang tidak dibersihkan. Semakin lama Anda tidak membersihkan atau menggosok gigi, karena itu semakin tebal plak yang berada di gigi dan gusi.

Pastikan Anda menyikat gigi minimal 2x sehari, memakai dental floss setidaknya sekali sehari, dan berkumur dengan antiseptic mouthwash untuk menghilangkan bakteri dan mencegah plak dan tartar.

Kerusakan Email Gigi atau Enamel

Gigi menguning bersamaan usia, karena email gigi pada akhirannya melemah, menunjukkan dentin bawah yang disebut substansi yang lebih gelap, yang membuat kumpulan gigi. Proses pelemahan enamel gigi ini terjadi pada setiap orang dan sebagai hal yang wajar. Meski demikian, Anda dapat lho mengurangi percepatan pelemahan ini melalui kebiasaan menjaga kesehatan gigi yang baik.

Anda dapat mencegah kerusakan email itu dengan usaha untuk menyeruput minuman-minuman yang mengandung asam menggunakan sedotan. Ini akan menghindarkan asam terkena gigi secara langsung. Cara yang lebih bagus tentu dengan mengurangi makanan-makanan yang mengandung asam.

Kebiasaan Minum Kopi dan Teh

Kopi dan teh mempunyai kandungan zat yang bisa mengubah warna gigi. Pada kopi dan teh, kandungan taninnya ternyata mengakibatkan gigi menguning. Tanin akan menempel pada lapisan gigi paling luar, sehingga perlahan-lahan mengubah warna gigi menjadi kuning.

Pada gigi dengan permukaan yang tidak rata, noda kuning ini akan semakin mudah kelihatan dan semakin jelas. Lebih mengejutkan kembali, ternyata kandungan tanin pada teh lebih tinggi daripada kopi, hingga teh bisa lebih cepat membuat gigi kuning.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut