get app
inews
Aa Read Next : The Society Indonesia Gelar Pameran Brand Mewah, Penggemar Luxury Things Wajib Hadir

Jangan Panik Saat Setir Mobil Terkunci, Begini Cara Mengatasinya

Minggu, 28 Agustus 2022 | 06:03 WIB
header img
Ilustrasi Setir mobil terkunci (sindonews.com)

Jika kunci tidak berputar setelah sedikit ditekan, kemungkinan tekanan keras tidak dapat mengubah hasilnya. Jadi, sebaiknya kamu berikan tekanan ringan dan perlahan pada kunci dan beralih ke langkah berikutnya.

3. Tekan stir mobil

Stir mobil yang terkunci itu biasanya menggunakan pin di salah satu sisinya. Jadi ketika terkunci, putaran stir ke arah sisi pin yang terkunci sudah maksimal. Hal itulah yang membuat stir tidak bisa bergerak ke arah sebaliknya.

Untuk itu, tentukan arah stir agar tidak bisa bergerak terlebih dahulu, lalu tekan ke arah sebaliknya. Saat memutar kunci pengapian, pegang dengan tangan lainnya. 

Alasan Mengapa Stir Mobil Bisa Terkunci

Pada dasarnya, kondisi seperti ini terjadi karena bagian dari sistem keamanan yang ada di mobil itu sendiri. Namun, ada beberapa alasan lain yang dapat membuat setir mobil terkunci secara tiba-tiba. Berikut adalah penjelasan mengapa stir mobil bisa terkunci.

1. Pompa power steering mati

Pompa power steering mati.  Pompa steering sendiri adalah salah satu alasan setir mobil bisa dikendalikan dengan mudah sehingga kamu bisa berbelok ke kiri dan ke kanan tanpa ada masalah.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut