get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Ketahui Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Gula Aren Untuk Kesehetan

Jum'at, 02 September 2022 | 11:29 WIB
header img
Ilustrasi Gula aren (okezone.com)

Namun, belum ada penelitian yang dapat memastikan bahwa gula aren mampu mencegah kenaikan atau mengontrol kadar gula darah. Oleh karena itu, manfaat gula aren untuk diabetes masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Mengendalikan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang bisa menimbulkan komplikasi serius, seperti stroke, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. Untuk mengontrol tekanan darah, seseorang perlu menjalani pola hidup sehat dan salah satunya adalah mengurangi asupan garam dan memperbanyak konsumsi makanan bergizi.

Salah satu nutrisi dalam gula aren, yaitu kalium, diketahui dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Meski begitu, Anda tidak disarankan memenuhi asupan kalium sepenuhnya dari gula ini, sebab asupan gula yang terlalu banyak bisa menyebabkan gigi rusak dan obesitas.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kalium diketahui baik untuk kesehatan tulang. Sebuah studi menunjukkan bahwa mencukupi asupan kalium setiap harinya bisa menjaga keseimbangan kadar kalsium dalam tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.

Namun, sejauh ini belum ada penelitian yang memastikan efektivitas gula aren dalam memelihara kesehatan tulang. Oleh karena itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium, serta berolahraga secara rutin agar tulang tetap sehat.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut