get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Ketahui Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Gula Aren Untuk Kesehetan

Jum'at, 02 September 2022 | 11:29 WIB
header img
Ilustrasi Gula aren (okezone.com)

BATU, iNews.id - Gula aren berwarna cokelat gelap dan rasa manis yang pekat. Berbeda dengan jenis gula lainnya yang terbuat dari tebu, gula aren terbuat dari nira atau cairan sari pati kelapa.

Selain bahan dasarnya, perbedaan yang signifikan juga terletak pada kandungan nutrisinya. Gula aren diketahui mengandung nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan jenis gula lain, seperti gula pasir putih dan brown sugar.

Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam gula aren adalah kalium, zat besi, serat, magnesium, dan antioksidan. Tak hanya itu, gula aren juga memiliki kandungan lemak dan indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula pasir.

Akan tetapi, kandungan nutrisi tersebut hanya tersedia dengan kadar yang kecil. Satu-satunya nutrisi dalam gula aren yang kadarnya tinggi adalah kalium.

Beragam Manfaat Gula Aren

Karena lebih bergizi dibandingkan gula pasir biasa, gula aren dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Menjaga kadar gula darah

Dibandingkan jenis gula lainnya, gula aren memiliki indeks glikemik rendah. Ini artinya, kadar gula darah tidak meningkat dengan cepat saat mengonsumsi gula aren. Efek ini baik bagi penderita diabetes yang harus menjaga kadar gula darahnya tetap stabil.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut