get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Ketahui Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Gula Aren Untuk Kesehetan

Jum'at, 02 September 2022 | 11:29 WIB
header img
Ilustrasi Gula aren (okezone.com)

4. Menurunkan risiko batu ginjal

Batu ginjal terdiri dari berbagai jenis dan salah satunya adalah batu yang terbentuk dari endapan kalsium. Sebuah studi menyatakan bahwa kekurangan asupan kalium bisa meningkatkan risiko terbentuknya endapan kalsium di ginjal, sehingga menyebabkan batu ginjal.

Nah, untuk mencegah batu ginjal, Anda disarankan mencukupi kebutuhan kalium setiap hari. Jumlah asupan kalium yang dianjurkan untuk orang dewasa sehat per hari adalah sekitar 3.500–4.700 mg. Nutrisi kalium tersebut dapat pula Anda peroleh dengan mengonsumsi gula aren.

Bahaya Konsumsi Gula Aren secara Berlebihan

Meski memiliki kadar kalium yang lebih tinggi dan dianggap lebih sehat daripada gula biasa, bukan berarti Anda boleh mengonsumsi gula aren secara berlebihan. Hal ini karena gula aren juga mengandung fruktosa dan sukrosa yang tinggi sehingga tetap dapat meningkatkan kadar gula darah bila dikonsumsi terlalu banyak.

Penting pula untuk Anda ingat bahwa asupan gula yang berlebihan tidak hanya menyebabkan kerusakan gigi dan obesitas, tetapi juga meningkatkan risiko terkena diabetes, gangguan ginjal, dan penyakit jantung.

Walau sepintas terdengar menjanjikan, hingga saat ini, belum banyak riset yang dapat memastikan berbagai manfaat gula aren bagi kesehatan di atas. Oleh karena itu, bila Anda memiliki kondisi tertentu, seperti diabetes, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut