get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Merawat Mesin Jahit Dengan Mudah dan Benar

Sukses Usaha Penggilingan Padi di Pedesaan Dengan Untung Melimpah

Sabtu, 03 September 2022 | 15:24 WIB
header img
Ilustrasi Penggilingan padi (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Ada ratusan ribu pemilik usaha penggilingan padi di Indonesia. Sebagian bisa bertumbuh dengan cepat, namun ada yang gulung tikar.

Padi merupakan bahan utama pembuat beras. Sementara beras merupakan bahan utama pembuat nasi yang tak lain adalah makanan pokok orang Indonesia.

Di sinilah peran penting mesin penggiling bekerja. Tanpa digiling, padi tak akan bisa berubah menjadi beras dalam waktu cepat. Artinya, mesin inilah yang menjadi alat utama untuk menyediakan seluruh kebutuhan bahan makanan pokok orang Indonesia.

Strategi dan Panduan Memulai Usaha Penggilingan Padi

Bisnis ini harus dijalankan dengan cara yang tepat agar berhasil. Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk memulainya dari sekarang:

1. Siapkan lahan luas dan strategis untuk membuka usahanya

Lahan yang Anda pilih seharusnya berada di pinggir jalan raya dan luas. Bisnis ini membutuhkan area yang besar. Tak hanya untuk mesinnya, tetapi juga untuk pembuangan limbah, misalnya sekam dan dedak.

Selain itu, Anda mungkin membutuhkan area untuk menjemur padi-padi dari petani apabila ingin sekalian menjalankan bisnis penjualan beras.

Syarat lain yang harus dipenuhi oleh lahan tersebut adalah strategis. Lokasinya harus berada di pinggir jalan raya agar arus kendaraan yang keluar masuk membawa padi dan beras menjadi lancar.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut