get app
inews
Aa Read Next : 12 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Cocok Untuk Diet, Inilah Manfaat Beras Merah Baik Untuk Kesehatan 

Sabtu, 03 September 2022 | 20:22 WIB
header img
Manfaat Beras Merah. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Beras merah sering dijadikan sebagai opsi untuk orang yang menjalankan program diet atau mereka yang ingin beralih ke gaya hidup yang sehat. Pada umumnya, nasi merah dianggap lebih sehat dibanding nasi putih yang biasa kita konsumsi.

Ini karena, nasi merah memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibanding nasi putih, tapi tetap memiliki nilai nutrisi yang lebih tinggi. Selain itu, beras merah tinggi akan serat, bebas gluten, dan tidak mengandung lemak trans.

Di dalam 100 gram beras merah, ada kandungan nutrisi yaitu sebagai berikut. - Protein : 2,8 gram- Air : 64 gram- Lemak : 0,4 gr - Karbohidrat: 32,5 gram- Serat: 0,3 gram- Kalsium: 6 mg- Zat besi: 0,8 mg- Natrium: 5 mg- Magnesium: 43 mg- Vitamin B3: 1,6 mg- Vitamin B1: 0,06 mg- Dan ada banyak lagi kandungan nutrisi dalam beras merah.

Selainnya kandungan nutrisi yang disebutkan di atas, beras merah mengandung antioksidan flavonoid, seperti antosianin (senyawa fenolik yang membuat warna merah dan ungu pada kacang merah, kol, dan yang lain) apigenin, myricetin, dan quercetin.

Dari berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam beras merah inilah yang menjadikan beras merah kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari hellosehat.com, berikut 5 manfaat beras merah untuk kesehatan.

1. Membantu menurunkan kolesterol

Kandungan serat yang dimiliki oleh beras merah bisa membantu menurunkan kolesterol. Karena, mengonsumsi serat dipercaya dapat membantu mengurangi ada penyerapan kolesterol ke aliran darah kita. Sementara itu, kandungan serat pada beras merah yang lebih tinggi dibanding beras putih menjadikannya lebih efektif untuk menurunkan kadar kolesterol.

2. Membantu mengurangi kemungkinan penyakit obesitas

Selain membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, kandungan serat yang ada di beras merah ternyata bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko penyakit obesitas. Ini karena, kandungan serat pada beras merah lebih banyak dibandingkan beras putih yang selanjutnya membuat kita merasa kenyang dalam jangka saat yang lebih lama. Untuk itu, tak heran jika ada beberapa orang yang memilih beras merah untuk dikonsumsi dalam rangka proses menurunkan berat badan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut