get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh yang Kaya Nutrisi

7 Cara Memasak Beras Merah Agar Pulen serta Tidak Keras

Rabu, 23 November 2022 | 13:45 WIB
header img
Cara Memasak Beras Merah Agar Pulen. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Mau lebih nikmat komsumsi nasi merah? Terdapat cara memasak beras merah, supaya hasilnya lebih pulen serta tidak keras, lho. Dibanding dengan nasi putih, nasi merah memanglah lebih sehat berkat isi serat, mineral, serta vit yang berlimpah.

Sayangnya, mencerna beras merah tidak semudah beras putih. Salah- salah mengukur takaran air, nasi merah malah dapat sangat lunak maupun keras. Lalu, gimana metode memasak beras merah supaya dapat pulen serta tidak keras? Ayo, ikuti panduan serta panduannya di dasar ini!

Apa Itu Beras Merah?

Ayo kenali penafsiran beras merah saat sebelum memasaknya. Beras merah merupakan olahan beras yang memakai gandum utuh selaku perona merahnya. warna merah tersebut berasal dari melamin antosianin. Beras merah utuh mempunyai 3 bagian yang meliputi:

  • Endosperm yang memiliki karbohidrat
  • Germ yang kaya nutrisi
  • Dedak ataupun sekam yang besar serat

Terdapat begitu banyak tipe beras merah yang berbeda, namun ada pula 2 tipe sangat universal yang biasa disantap. Kedua tipe itu merupakan beras merah Himalaya serta beras merah Thailand.

Beras merah Himalaya tekstur butirannya tidak menyatu serta sedikit lengket kala dimasak. Diketahui pula selaku nasi kargo, rupanya nampak kemerahan cenderung cokelat.

Butiran beras Thailand mempunyai tekstur lebih keras, serta cenderung tidak lengket kala dimasak. Di luar itu, beras merah pula memiliki isi gula yang rendah, lho. Sehingga dipercaya lebih sehat dibanding beras putih yang memiliki isi gula lebih besar.

Cara Memasak Beras Merah Supaya Pulen serta Tidak Keras

Makanya tidak heran bila nasi merah sesuai disantap oleh para pengidap diabet. Sayangnya, memasak beras merah tidak semudah memasak beras putih. Beras merah memiliki tekstur yang lebih keras dan rasa yang lebih hambar. Sebab itu, Moms butuh ketahui panduan memasak beras merah supaya pulen serta tidak keras. Berikut tipsnya!

1. Mencuci Beras 2- 3 Kali Bilasan Saja

Saat sebelum memasak beras merah, kita wajib mensterilkan beras merah dengan air bersih. Metode membersihkannya sama dengan mensterilkan beras putih yang kita mengkonsumsi sehari- hari.

Mensterilkan beras merah lumayan 2 hingga 3 kali bilasan saja supaya vit yang tercantum dalam beras merah tidak turut larut bersama dengan air. Membasuh sangat banyak bisa melenyapkan isi nutrisi di dalamnya.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut