get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

10 Manfaat Serai Bagi Tubuh yang Perlu Diketahui

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 19:34 WIB
header img
Manfaat Serai. (indozone.com)

BATU, iNews.id - Serai kerab dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Faktanya,  manfaat serai bagi tubuh sebagai obat herbal yang kaya akan nutrisi dan vitamin baik untuk dikonsumsi dan manjur untuk segala penyakit. Serai alias serai sebagai bumbu dapur yang cukup populer di tanah air. Sereh banyak ditemukan di pasar tradisional sampai pasar modern.

Sereh memiliki aroma yang unik yang membuat masakan menjadi lebih harus dan menambah citarasa masakan. Asal tahu saja, sereh masuk dalam golongan rumput-rumputan. Tanaman sereh banyak tersebar di wilayah Jawa dan Sumatera.

Melansir dari buku berjudul Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Berkhasiat Obat karya Gagas Ulung, Pusat Studi, serai dapat dikembangbiakkan dengan cara stek. Selain jadi bumbu dapur sereh populer dalam dunia pengobatan herbal. Ini karena sereh kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Melansir dari buku berjudul Atasi Asam Urat dan Rematik ala Hembing, sereh mengandung eugenol, kadinol, limonen, dipenten, dan geraniol. Selain itu, serai memiliki sifat farmakologis antiinflamasi, analgesik, dan melancarkan sirkulasi darah.

Manfaat serai sebagai obat herbal

Kaya akan minyak atsiri, seluruh bagian sereh yang terdiri dari daun, batang, dan akar bermanfaat sebagai obat herbal. Sereh juga dipercaya efektif mengobati beberapa penyakit yang umum diderita warga tanah air.

Berikut daftar manfaat sereh sebagai obat herbal

1. Menjaga sistem pencernaan

Sereh mengandung minyak sitronela yang dapat membunuh bakteri jahat dan patogen dalam sistem pencernaan. Selain itu, sitronela berperan untuk mencegah peradangan pada dinding lambung dan usus.

2. Darah tinggi

Anda penderita darah tinggi? Jangan khawatir, sereh dapat menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Selain itu, sereh juga bermanfaat merangsat sirkulasi darah dalam tubuh.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut