get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Ide Usaha Makanan yang Bisa Terjual Setiap Harinya, Dijamin Untung

Mau Membuka Usaha Kedai Kopi? Inilah Tips Untuk Memulainya

Jum'at, 09 September 2022 | 12:28 WIB
header img
Usaha Kedai Kopi. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Sebagai produsen kopi berkualitas, Indonesia berpeluang besar untuk produksi kopi siap minum. Ini pasti sebagai peluang untuk usaha warung kopi yang potensial.

Apa lagi penelitian dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian menyatakan jika konsumsi kopi di Indonesia di tahun 2016 - 2021 tumbuh sebanyak 8,22% per tahun.

Jadi , walaupun banyak usaha warung kopi menjamur di mana-mana, peluang di bagian ini akan terus terbuka untuk Anda selama permintaan kopi terus bertambah.

9 Tips Usaha Warung Kopi

Sebelum benar-benar terjun ke dunia usaha kopi, Anda pasti perlu penelitian yang banyak mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha ini.

Berikut 9 tips yang akan membantu Anda mempersiapkan gagasan usaha warung kopi dengan matang.

1. Siapkan Ide Usaha Warung Kopi

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah membuat business plan yang masak. Kumpulkan beberapa pertanyaan yang penting Anda jawab, seperti arah Anda membuat usaha warung kopi, siapa kompetitor Anda, kekhasan yang ingin Anda tonjolkan, siapa target market Anda.

Lalu kerjakan perhitungan untuk perkiraan modal warung kopi dan keuntungannya. Siapkan juga langkah-langkah bagaimana menjalankan operasional usaha Anda, bagaimana cara mempromosikannya, dan goal-goal yang ingin Anda raih secara bertahap.

2. Tentukan Target Market

Ide di point pertama harus juga menjawab pertanyaan: siapa sasaran market yang Anda sasar. Saat sudah mengetahui target pasar, Anda jadi dapat menentukan konsep ruang dari usaha Anda sehingga Anda mulai bisa menghitung-hitung anggaran yang penting disiapkan.

Sebagai contoh, bila Anda ingin usaha warung kopi Anda jadi tempat nongkrong kaum milenial, Anda akan membuat menu kopi kekinian yang menarik dan beraneka pastry. Untuk suasana ruangannya, dapat dibuat lebih cheerful dan colorful.

Bila usaha kedai kopi Anda lebih ditujukan untuk rapat orang kantor, menunya dapat dilengkapi dengan bermacam varian teh dan makanan ringan. Suasana ruangan juga dibuat dengan penerangan yang bagus dengan nuansa putih atau ornamen kayu.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut