get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Enak dan Bernutrisi, Inilah 3 Manfaat Makan Salad Buah Bagi Kesehatan

Minggu, 11 September 2022 | 18:32 WIB
header img
Manfaat Salad Buah. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Anda tentu tahu jika buah sebagai salah satu makanan bernutrisi yang perlu Anda makan setiap hari. Mengonsumsi buah dengan jumlah dan jenis yang tepat, bisa memberi khasiat yang luar biasa. Dan salah satu cara mudah untuk memperoleh manfaat buah dengan mengonsumsinya dalam bentuk salad buah.

Anda bisa menambahkan buah apapun ke salad buah. Misalnya apel yang selalu ada sepanjang tahun, kaya akan antioksidan, kaya serat, dan flavonoid. Anda bisa juga menambahkan jeruk sebagai sumber vitamin C.

Tidak ada aturan khusus dalam membuat salad buah. Buah apa saja yang Anda tambah ke dalamnya, akan memberi manfaat sebagai berikut, seperti yang dilansir dari Healthshots.

1. Membantu penurunan berat badan

Buah-buahan terdiri dari air dan serat, memastikan asupan kalori tetap rendah, yang akan membantu menurunkan berat badan. Salah satunya contoh buah yang bagus adalah kiwi yang mempunyai serat tinggi dan kalori rendah, bagus untuk mengatur berat badan. Kiwi berukuran sedang hanya mengandung sekitar 50 kalori, dan kandungan seratnya memberi rasa kenyang di perut.

2. Memberi nutrisi yang menyehatkan

Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti kiwi atau stroberi, membantu perkembangan dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Kandungan serat pada buah diketahui bisa meningkatkan fungsi usus, yang mencegah sembelit serta bisa membantu mengatasi asma.

Disamping itu, pisang sebagai sumber yang kaya vitamin C dan bisa membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan sel dan jaringan, menghasilkan kolagen (protein yang menyatukan kulit, tulang, dan badan) dan mendukung kesehatan otak dengan memproduksi serotonin (hormon yang memengaruhi tubuh kita).

Blueberry dikenal sebagai buah yang rendah kalori dan mengandung antioksidan. Antioksidan dalam blueberry, yang disebutkan anthocyanin, mengurangi faktor resiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol LDL dan tekanan darah, sesuai penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine.

3, Melancarkan pencernaan

Salad buah dengan kandungan serat yang tinggi bisa membantu melancarkan pencernaan. Serat membantu memperbaiki masalah sembelit, karena berfungsi sebagai pencahar alami untuk sistem pencernaan.

Buah-buahan seperti jeruk dan pisang mengandung lebih sedikit fruktosa, membuat lebih mudah ditoleransi dan cenderung tidak menyebabkan gas. Buah-buahan ini mengandung inulin, zat yang merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut