get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Tomat yang Kaya Nutrisi Baik Dikonsumsi Setiap Hari 

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 18:36 WIB
header img
Manfaat Buah Tomat. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Tomat yang mengandung senyawa likopen memiliki banyak manfaat kesehatan. Senyawa ini juga yang membuat tomat berwarna merah atau orange cerah. Ketahui manfaat tomat yang kaya nutrisi baik dikonsumsi setiap hari.

Kandungan likopen dalam tomat ini lebih tinggi daripada sayuran lainnya. Satu tomat ukuran sedang mengandung sekitaran 2-3 gram likopen.

Konsumsi tomat setiap hari dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan tidak terduga. Berikut ini efek likopen dan sifat-sifatnya dalam mempengaruhi tubuh manusia.

5 Manfaat Tomat yang Kaya Nutrisi 

1. Meningkatkan penglihatan

Selain likopen, tomat mengandung beberapa nutrisi lain, seperti lutein dan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata. Riset menunjukkan jika nutrisi ini melindungi mata dari penyakit, seperti katarak, sekaligus mendukung kesehatan penglihatan Anda secara keseluruhan.

Tomat mengandung zat, khususnya zeaxanthin dan lutein yang bermanfaat dalam melindungi penglihatan Anda dari cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat digital, seperti handphone.

2. Melindungi kulit

Menurut penelitian, tomat bisa membantu dalam perlindungan pada sinar UV yang berbahaya dan menurunkan risiko terbakar sinar matahari. Beberapa peneliti percaya jika ini karena tingginya konsentrasi karotenoid, yang disebut komponen likopen.

Tetapi, beberapa ilmuwan menunjukkan jika kita tidak dapat mengganti tabir surya hanya dengan mengonsumsi tomat. Selain manfaat kesehatan ini, beberapa bukti menunjukkan jika tomat memiliki sifat antipenuaan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut