get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Singkong Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

8 Ide Usaha Kreatif Olahan Singkong Enak dan Mudah Dibuat

Senin, 12 September 2022 | 20:29 WIB
header img
Bisnis Olahan Ketela. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Sudah banyak memang yang memulai usaha dengan berbahan dasar singkong, dan ini sering kita lihat di pinggir-pinggir jalan baik gerobak atau outlet.

Pada umumnya, tipe usaha berbahan dasar singkong ini ibarat keripik atau yang paling sederhana dan sering di praktekkan di rumah ialah singkong goreng dan rebus.

Saat Anda dapat melakukan sebuah inovasi yang baru, karena itu usaha berbahan singkong ini sudah tentu memiliki prospek yang menjanjikan apalagi anda jalankan dengan sungguh-sungguh.

8 Ide Usaha Olahan Singkong yang Laris

Keuntungan dari usaha dari olahan singkong ini tidak terlalu besar modalnya karena harga singkong juga masih sangat terjangkau. Apabila anda masih mempunyai lahan, karena itu anda dapat menanam sendiri karena singkong ini sangat mudah untuk hidup.

Ada berbagai ide usaha yang berbahan dasar singkong yang dapat anda coba. Meskipun modal minimum tapi hasil maksimum.

1. Bingka Singkong

Jenis olahan singkong yang ini hampir serupa dengan kue talam. Pembuatan bingka singkong ini dengan di kukus kurang lebih 20 menit. Bahan tambahan dari bingka singkong ini yaitu tepung tapioka, tepung terigu, garam, gula pasir, gula merah, kelapa dan pandan.

Rasa dari bingka singkong ini ialah manis dan gurih karena di atas adonan singkong barusan sebelum di kukus ditambahkan santan.

2. Singkong Keju

Pernah terpikirkan memulai usaha singkong keju? Jenis usaha yang ini sangat sederhana sekali karena pada dasarnya anda perlu merebus lebih dulu singkong nya lalu di goreng.

Nah, saat usai dimasak baru tambahkan susu dan keju. Namun bila anda ingin melakukan hal yang lain anda dapat membuat rasa yang baru yaitu coklat atau balado.

3. Cenil Singkong

Cenil singkong adalah makanan yang unik, dengan rasa yang manis dan gurih karena ada taburan kelapa di atasnya dan dibungkus dengan daun pisang.

Tempat yang paling mudah mencari cenil ini ialah di pasar tradisional, umumnya di jual oleh ibu-ibu atau nenek-nenek, satu jatah di jual pada harga Rp 300. Pokoknya makanan yang ini sangat merakyat sekali ya.

Yang membuat menarik dari cenil ini ialah karena miliki beberapa warna. Untuk anda yang ingin menjalankan bisnis cenil ini anda bisa saja penyuplai di beberapa minimarket.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut