get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Kenali 5 Manfaat Kulit Manggis Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 13 September 2022 | 09:38 WIB
header img
Manfaat Kulit Manggis. (inews.id)

BATU, iNews.id - Beberapa tahun belakangan ini, buah manggis menjadi populer karena soundtrack iklan ekstrak kulit manggis yang sering didengar di tv. Buah yang mempunyai rasa manis dan cenderung asakarenam kecut ini, kenyataannya memang benar banyak manfaatnya. Bagaimana dengan manfaat kulit manggis? Yuk baca manfaat kulit manggis untuk kesehatan.

Beberapa manfaat kulit manggis

1. Anti alergi dan anti inflamasi

Penelitian ilmiah sudah menunjukkan jika manfaat kulit manggis mempunyai kedua zat anti alergi dan anti inflamasi. Sebuah studi itu menyatakan bila kandungan pada kulit manggis bisa memperbanyak zat prostaglandin, dan khasiatnya yang lain bisa dibuktikan baik untuk menghambat kadar histamin dalam tubuh.

Manfaat dari prostaglandin sebetulnya berguna dalam menurunkan peradangan (anti inflamasi), yang mana keduanya berkaitan dengan penyebab seorang bisa mudah terkena alergi.

2. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat kulit manggis lainnya ialah bisa mencegah dan menjaga kandungan gula darah yang menyebabkan seorang bisa terkena kencing manis dini.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan, kandungan kulit manggis, alpha-amylase, sesuai dengan zat acarbose, fungsinya yakni bisa menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa. Kandungan itu sama dengan zat yang ada dalam resep obat diabetes type 2.

Mengapa begitu? Karena kemampuan menurunkan gula darah dari kulit manggis ini berasal dari asam tannic. Senyawa itu ada pada zat kompleks proantosianidin oligomer (OPC). Nah, OPC ini banyak ada dalam buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, biji, bunga dan serat kulit kayu.

Selainnya baik untuk gula darah, OPC pada kulit manggis diketahui banyak zat anti-oksidan. OPC itu mengandung zat antibakteri, antivirus, anti kanker, anti inflamasi, anti lergi dan vasodilatasi.

3. Kulit manggis untuk obat jerawat

Manfaat kulit manggis ini bagus untuk kulit wajah yang bermasalah. Sebuah studi dari Thailand mengatakan, zat antioksidan di kulit manggis baik melenyapkan produksi reaktif oksigen yang mengandung zat berbahaya, yang mana dua faktor itu mampu mempengaruhi pertumbuhan jerawat.

Disamping itu, kulit manggis sangat efektif pada perlindungan radikal bebas, tapi juga mampu menekan produksi sitokin pro inflamasi yang berkontribusi pada pembentukan jerawat atau peradangan pada kulit.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut