3. Menetapkan Harga yang Kompetitif
Seterusnya Anda harus menentukan harga jual kue ulang tahun. Dalam tentukan harga, tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Ini karena jika kue dipasarkan lebih murah dari harga pasar karena itu Anda dapat rugi karena modal yang dikeluarkan tidak sesuai dengan harganya.
Kebalikannya bila terlalu mahal karena itu warga enggan untuk membeli kue ulang tahun buatan Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk menentukan harga yang kompetitif hingga Anda mendapatkan keuntungan dan harga ringan untuk pembeli. Penetapan harga dapat Anda lakukan dengan menggunakan rumus margin pricing.
Margin = (Harga Jual - Harga Modal) / Harga Jual
Misalnya: Anda membuat kue ulang tahun dengan modal Rp. 150.000. Selanjutnya Anda ingin menjualnya seharga Rp. 280.000. Apa keuntungan yang diambil nanti terlalu besar?
Jadi , margin keuntungan yang nanti Anda dapatkan dengan nilai jual yang ditentukan ialah 46%. Biasanya, harga jual sebuah produk tidak akan lebih dari 50%. Anda bisa juga mengubah harga jual yang Anda tentukan agar margin yang nanti diperoleh dapat pas.
4. Menentukan Cara Pemasaran dan Promosi yang Tepat
Keberhasilan dan kegagalan dalam menjalankan suatu usaha, tergantung dari cara Anda melakukan pemasaran dan promosi. Anda dapat melakukan promosi dengan memberi penawaran menarik agar pembeli tertarik. Promosi dapat Anda lakukan secara offline atau online.
Bila usaha kue ulang tahun ini Anda buat dengan mekanisme offline yang mempunyai tempat khusus seperti toko, karena itu promo dapat memadukan sistem offline berupa brosur, baliho, spanduk dengan promosi online di media sosial. Tetapi, bila usaha ini Anda buat dalam sistem rumahan, karena itu promosi memakai media sosial akan sesuai untuk usaha ini. Anda bisa juga memanfaatkan hadirnya Go-food dan Grabfood untuk promosi kue yang dijual.
Editor : Supriyono