get app
inews
Aa Read Next : Ketahui 5 Cara Merawat Kaktus Dengan Mudah dan Efektif

Peluang Usaha Pupuk yang Menguntungkan, Lakukan 4 Hal ini

Jum'at, 16 September 2022 | 10:34 WIB
header img
Peluang Usaha Pupuk . (okezone.com)

1. Pengumpulan Sampah

Langkah pertama yang penting dilakukan yaitu mengumpulkan sampah organik yang berada di sekitar kamu. Bahan baku kompos dapat diambil dari sisa-sisa tanaman misalnya saja sampah dedaunan kering, ranting kecil, sampah tersisa sayur, tersisa buah atau kotoran hewan. Masing-masing bahan mempunyai kandungan unsur yang lain, dan unsur-unsur berikut yang berperan sebagai zat hara yang diperlukan tanaman.

Hal yang penting buat kamu perhatikan ialah jika sampah yang dikumpulkan mempunyai ukuran cukup besar, seharusnya kerjakan pemotongan terlebih dahulu menjadi ukuran yang lebih kecil. Cara ini perlu dilakukan supaya bahan baku dapat masuk ke kantong plastik dengan mudah.

2. Memasukkan Sampah Ke Tempat Pengomposan

Sesudah selesai dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil, secara bertahap masukan sampah ke tempat pengomposan. Dalam masalah ini kamu dapat menggunakan kantong plastik, masukkan potongan sampah sampai kurang lebih 10 cm dari dasar kantong. Seterusnya siramkan larutan promi secara rata, dan saran kembali selapis sampah sekitar 10 cm lalu siramkan kembali larutan promi. Ulangi langkah tersebut sampai kantong plastik penuh.

3. Proses Inkubasi

Jika kantong plastik sudah terisi penuh, tutup rapat kantong itu untuk proses inkubasi. Biarkan proses ini berlangsung kurang lebih 3 - 6 minggu sampai kompos benar-benar telah matang.

4. Proses Panen Kompos

Setelah 6 minggu, kompos telah masak dan bisa langsung dipakai. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang optimal, ada baiknya jika pupuk kompos dikeringkan, dicacah dan diayak lebih dulu sebelum dipasarkan. Dengan begitu pupuk yang dibuat tidak berbau dan dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut