Rekomendasi 5 Ide Kerja Part Time Cocok Untuk Mahasiswa Perlu Dicoba

Supriyono
.
Kamis, 22 September 2022 | 14:26 WIB
Ide Kerja Part Time. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ingin kuliah sama bekerja? Untuk kamu yang kuliah atau sekolah, mungkin pernah berpikir untuk kerja part time supaya bisa mendapat uang jajan tambahan. Apalagi mahasiswa yang merantau jauh dari rumah. Ini ada rekomendasi ide kerja part time cocok untuk mahasiswa perlu dicoba.

Saat ini ada banyak UMKM atau tempat kerja yang buka lowongan kerja part time. Kamu dapat cek di situs lowongan kerja atau media sosial yang membagi info lowongan kerja part time. Dari bekerja part time, kamu bukan hanya mendapat uang saku, tetapi juga keuntungan yang lain.

Jika kamu masih bingung apakah itu kerja part time, berikut merupakan penjelasan lengkap dan 5 ide kerja part time yang dapat kamu coba! Simak sampai habis ya.

Apa itu kerja part time?

Kerja paruh waktu atau kerja part time ialah pekerjaan dengan jam kerja yang lebih sedikit dibandingkan pekerjaan full time. Bila pekerja full time bekerja 40 jam dalam seminggu, karena itu pekerja part time kurang dari itu.

Selainnya berbeda dari sisi jam kerja, pekerjaan part time umumnya hanya sementara tergantung kebutuhan perusahaan.

Tugas part time biasanya dilakukan dengan sistem shift atau gantian. Tetapi, tetap berbeda dengan pekerja shift karena pekerja shift umumnya bekerja 8 jam dalam sehari dan part time kurang dari itu. Tipe pekerjaan ini tidak memiliki kontrak kerja yang mengikat pekerja dan pemberi kerja.

Beberapa jenis kerja part-time

Gimana, banyak kan keuntungan dari kerja part time? Berikut beberapa jenis tugas part time yang dapat kamu coba!

1. Kasir dan pramuniaga

Lowongan kerja part time sebagai kasir dan pramuniaga atau penjaga toko bisa juga kamu dapatkan di banyak situs lowongan kerja. Kamu bisa menjadi kasir di berbagai toko seperti toko buku, toko kelontong, minimarket, cafe, atau restoran.

Untuk menjadi seorang kasir, kamu harus bersikap ramah dan dapat membuat hubungan yang baik dengan pelanggan. Pekerjaan kasir bukan hanya menerima transaksi saja lho.

2. Barista atau waiter


Ide Kerja Part Time. (okezone.com)

Sama seperti yang kita ketahui, kedai kopi berada di mana-mana. Nah, di kedai kopi atau cafe, biasanya ada lowongan kerja untuk barista atau waiter. Untuk melamar pekerjaan ini, kamu tidak harus mahir membuat kopi atau latte art kok.

Umumnya, kamu akan diajari oleh pemilik usaha atau senior pada tempat kerja itu. Lowongan pekerjaan paruh waktu atau part time ada beberapa sekali, mulai dari kedai kopi di tepi jalan sampai kedai kopi yang berada di pusat perbelanjaan.

Kamu dapat cari informasinya melalui situs lowongan kerja terpercaya atau media sosial tentang lowongan kerja part time.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini