get app
inews
Aa Read Next : 5 Ide Jualan di Bulan Ramadhan yang Paling Laris Bisa Dicoba

4 Ide Bisnis di Bidang Perikanan Dengan Untung yang Menggiurkan

Jum'at, 23 September 2022 | 17:32 WIB
header img
Ide Bisnis di Bidang Perikanan. (sindonews.com)

2. Budidaya Ikan Gurame

Selain dengan ikan nila ide usaha dibidang budidaya ikan bisa juga dengan ikan gurame. Sama dengan ikan nila, gurame sebagai ikan yang dapat diolah sebagai makanan yang lezat. Ikan gurame dapat digoreng, bakar, asam manis, rica-rica, sampai dengan saus mentega.

Cara budidaya ikan gurame juga cukup mudah dan modalnya relatif kecil, dan harga jual ikan gurame cukup tinggi sehingga kamu tak perlu khawatir akan tekor saat membuka usaha ikan gurame. Ada beberapa jenis ikan olahan yang bisa dijadikan ide usaha dibidang perikanan.

Selainnya ikan gurame dan ikan nila kamu bisa juga menggunakan ikan gabus dan ikan bandeng. Empat tipe ikan yang pasarnya sangat luas ini dapat kamu pilih salah satunya atau dapat membudidayakan semua. Tentunya setiap jenis ikan memilliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing untuk dijadikan ide usaha.

3. Budidaya Ikan Nila


Ikan Nila. (sindonews.com)

Ikan nila ialah ikan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Ikan nila dapat diolah menjadi ikan nila bakar, goreng, atau juga bisa ditambahi dengan bumbu asam manis.

Kesempatan usaha budidaya ikan nila cukup menjanjikan. Beberapa orang mencari santapan ikan nila sebagai lauk atau pelengkap santapan mereka.

Cara budidaya ikan nila juga cukup mudah dan murah. Kamu dapat memulai usaha ikan nila dengan memilih lokasi yang cocok untuk membudidayakannya.

Modal untuk membeli bibit, penebaran bibit, pemeliharaan, panen sampai menjual hanya membutuhkan sekitar 7 juta rupiah saja. Pengelolaan dan promosi yang tepat usaha budidaya ikan nila dalam waktu kurang dari 6 bulan dapat balik modal.

Usaha dibidang budidaya ikan nila walau memiliki banyak pesaing, tetapi kebutuhan pasar pada ikan ini cukup besar. Maka dari itu kamu tidak perlu khawatir pada perkembangan usaha yang dijalani.

Yuk segera mulai usaha budidaya ikan nila, semoga menjadi ladang untuk menghasilkan pendapatan hingga puluhan juta rupiah per bulan.

Untuk kamu yang tertarik menjalankan ide usaha ikan nila, simak analisa usaha ikan nila 1000 ekor yang sudah merangkum informasi penting dan tentu saja dapat membantu kamu membudidayakannya.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut