get app
inews
Aa Read Next : 7 Artis Menikah di Usia Muda, Buktikan Hidup Bahagia dan Harmonis

Terapkan 5 Tips Hidup Mandiri Agar Menjadi Pribadi yang Sukses

Minggu, 25 September 2022 | 18:27 WIB
header img
Tips Hidup Mandiri. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Memiliki sifat mandiri sangat penting. Jadi diperlukan tips hidup mandiri agar menjadi pribadi yang sukses. Dengan kemandirian, seseorang jadi tidak takut untuk mencoba beberapa hal baru karena telah terbiasa berdiri di atas kaki sendiri. Dia juga tidak merepotkan dan membebani orang di sekitarnya, malah memberi manfaat untuk orang sekitar.

Memang ada anak yang sedari kecil telah mandiri, tetapi tenang saja, kemandirian dapat kok dilatih. Dan tak ada kata telat untuk itu. Berikut tips menjadi pribadi yang mandiri yang dapat kamu terapkan sehari-hari. Disimak ya!

Tips Hidup Mandiri Agar Menjadi Pribadi 

1. Coba selesaikan sendiri dulu

Supaya kamu tidak ketergantungan selalu untuk minta tolong, biasakanlah saat tidak mengetahui cara melakukan suatu hal, mencari terlebih dahulu caranya.

Dengan luasnya peredaran info saat ini, melalui mesin pencari seperti google akan mudah menemukan apa yang ingin kita ketahui. Jika sudah mentok, baru deh minta tolong. Bila ini sudah kamu biasakan, karena itu kamu nggakakan jadi orang yang sebentar-sebentar minta tolong.

2. Bertanggung jawab pada urusan pribadi

Cara termudah untuk melatih kemandirian yang dapat kamu lakukan dengan mulai bertanggung jawab pada urusan pribadimu. Sebagai contoh, mencuci baju sendiri, merapikan tempat tidur setiap pagi, atau bersih-bersih kamar kamu sendiri walau punyai asisten rumah tangga.

Cara kecil itu bisa membuatmu tidak jadi anak manja yang apa-apa harus dilakukan oleh seseorang. Dan sewaktu-waktu kamu tinggal berjauhan dengan orangtua, tak masalah karena kamu telah terlatih untuk dapat mandiri.

3. Mencari penghasilan

Kemandirian finansial ini sangat penting agar tidak jadi beban untuk seseorang, dan malah mampu memberi manfaat dengan membantu orang yang memerlukan. Jika kebetulan kamu masih pelajar atau mahasiswa, jangan terlena dengan uang saku yang diberikan orangtua.

Kamu dapat manfaatkan uang jajan itu dengan menabungnya agar dapat jadi modal kamu usaha. Tentu kamu akan puas sekali dapat membeli sepatu atau tas yang dimau tanpa perlu minta ortu. Dan orang tua juga pasti bangga mempunyai anak yang berdikari seperti kamu.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut