get app
inews
Aa Read Next : 5 Tips Merawat Radiator Sepeda Motor Dengan Mudah 

3 Cara Cek Pajak Kendaraan Online Paling Mudah, Dari Rumah Bisa

Senin, 26 September 2022 | 09:44 WIB
header img
cara cek pajak kendaraan online (sindonews)

2. Cek Pajak Kendaraan Online melalui Aplikasi e-Samsat

Selainnya melalui web, anda dapat memeriksa info pajak kendaraan lewat aplikasi e-Samsat. Namun, anda akan membutuhkan handphone jika ingin cek pajak kendaraan melalui aplikasi. Untuk melakukan, anda bisa download dan install aplikasi e-Samsat. Kemudian, click propinsi sama sesuai tempat kendaraan itu dikeluarkan. Data propinsi itu bisa disaksikan di STNK. Selanjutnya input identitas kendaraan anda pada aplikasi itu.

Sesudah proses input identitas kendaraan, maka ada info nominal pajak yang perlu dibayarkan dan tanggal jatuh termin pembayaran. Langkah ini cocok dipakai untuk pemilik kendaraan yang ingin memeriksa pajak kendaraannya secara berkala.


Cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor

3. Cek Pajak Kendaraan melalui SMS Samsat

Samsat sediakan layanan pengecekan pajak lewat SMS Gateway. Pastikanlah anda mempersiapkan handphone dan pulsa untuk mengirim SMS. Ke menu SMS, lalu kirim pesan dengan format info(spasi)kode plat kendaraan/nomor polisi/kode seri pelat kendaraan(spasi)warna pelat kendaraan. Misalkan: Info D/5445/ZK Hitam.

Kirim pesan itu ke nomor 08112119211, lalu nantikan balasan SMS dari Samsat yang hendak memberi info kendaraan dan nominal pajak yang perlu dibayar. Disamping itu, SMS Gateway sediakan bantuan untuk bayar pajak.

4. Cek Pajak Kendaraan melalui Web Daerah

Paling akhir, pemda sediakan layanan pengecekan pajak lewat web daerah masing-masing. Prosesnya sama dengan pengecekan melalui web e-Samsat-id dengan data identifikasi kendaraan umumnya semakin sedikit yang penting diisi. Masuk ke mesin pencari pilihan anda, lalu masuk ke web samsat sama sesuai propinsi tempat kendaraan itu dikeluarkan. Misalkan, web samsat wilayah DKI Jakarta ialah https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Anda bisa cek web wilayah melalui samsat pusat.

Sesudah masuk ke situs samsat wilayah, saran info kendaraan yang dibutuhkan seperti nomor kendaraan bermotor. Kemudian, web akan memberikan info biaya dan tanggal jatuh tempo pajak. Setelah mengetahui cara mengecek pajak kendaraan anda, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membayar pajak tersebut.

Anda bisa melakukan pembayaran pajak ini secara mandiri atau meminta bantuan jasa pengurusan pajak kendaraan. Yang namanya jasa, anda pun harus menyiapkan fee khusus untuk mereka yang membantu anda mengurus pajak tersebut. Namun  jika anda mengurusnya mandiri maka harus menyiapkan waktu untuk berkunjung ke Samsat di daerah anda.

Cukup sekian ulasan tentang cara cek pajak kendaran online kali in, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut