get app
inews
Aa Read Next : 7 Manfaat Kucai yang Belum Banyak Diketahui, Bisa Mengatur Tekanan Darah

Pahami 5 Manfaat Buah Pinang Serta Bahaya Mengonsumsi Berlebihan

Selasa, 27 September 2022 | 09:35 WIB
header img
Manfaat Buah Pinang. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Manfaat buah pinang sangat beragam karena di dalamnya terdapat banyak gizi penting yang baik untuk kesehatan. Meski begitu, Anda perlu bijak dalam mengonsumsinya karena ada bahaya yang mengintai bila dikonsumsi secara berlebihan.

Buah pinang atau biji pinang sebagai tanaman yang termasuk dalam jenis palem-paleman. Buah ini sudah sejak lama diketahui mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah pinang kerap digunakan dalam tradisi menyirih oleh sebagian warga Indonesia. Selain itu, buah pinang sudah banyak diolah menjadi jus, kopi, jamu, atau suplemen.

Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan

Manfaat buah pinang bisa diperoleh karena kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, lemak, karbohidrat kompleks, zat besi, vitamin B kompleks, kalsium, fosfor, dan kalium.

Selain itu, buah ini mengandung tanin, flavonoid, dan polifenol, dan bersifat antibakteri dan antiradang sehingga berguna untuk kesehatan. Beberapa manfaat buah pinang yang sayang untuk dilewatkan meliputi:

1. Melancarkan pencernaan

Dalam pengobatan tradisional, buah pinang sering digunakan untuk membunuh parasit, seperti cacing dalam saluran cerna. Buah pinang dapat mengatasi masalah pencernaan lain, seperti perut kembung dan sembelit.

2. Memiara kesehatan mulut

Buah pinang diketahui dapat menjaga kesehatan mulut. Manfaat buah pinang ini bisa diperoleh karena kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi, karang gigi, dan mulut kering.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut