get app
inews
Aa Read Next : 7 Manfaat Kucai yang Belum Banyak Diketahui, Bisa Mengatur Tekanan Darah

Pahami 5 Manfaat Buah Pinang Serta Bahaya Mengonsumsi Berlebihan

Selasa, 27 September 2022 | 09:35 WIB
header img
Manfaat Buah Pinang. (iNews.id)

Meningkatkan resiko terjadinya kanker

Buah pinang diketahui mengandung karsinogen, yaitu zat yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Beberapa riset mengungkapkan jika penggunaan buah pinang dalam jangka panjang dengan nyirih bisa meningkatkan resiko terkena kanker mulut dan kanker tenggorokan.

Membahayakan kehamilan dan janin

Sampai saat ini, buah pinang belum terbukti aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Bahkan, tak sedikit penelitian yang menyebutkan jika buah pinang berpotensi menimbulkan masalah pada kehamilan, seperti memicu bayi lahir dengan berat tubuh rendah.

Meski manfaat buah pinang melimpah, tetapi jangan abaikan juga risikonya bila terlalu banyak mengonsumsi buah ini. Hingga sekarang ini, tidak ada riset yang menyebutkan jika buah pinang terbukti efektif dan aman dikonsumsi sebagai pengobatan khusus untuk mengatasi berbagai penyakit.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu bila akan menggunakan buah pinang sebagai pengobatan. Dengan begitu, manfaat buah pinang bisa Anda peroleh dengan maksimal.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut