get app
inews
Aa Read Next : 5 Ide Jualan di Bulan Ramadhan yang Paling Laris Bisa Dicoba

Bisa Dicoba, 5 Ide Bisnis dari Sampah Daur Ulang Banyak Untungnya

Jum'at, 30 September 2022 | 16:25 WIB
header img
Ide Bisnis Sampah Daur Ulang. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Beberapa ide bisnis dari sampah daur ulang ini dapat Anda coba. Selainnya bahannya tidak mahal, Anda dapat memanfaatkan kampanye lingkungan untuk promosi penjualannya. Lalu apa saja ide bisnis dari sampah daur ulang? Simak penjelasannya di bawah ini.

Ide Bisnis dari Sampah Daur Ulang 

Bisnis Daur Ulang Bahan Plastik

Daur ulang plastik dapat Anda coba dalam kehidupan sehari hari. Sifatnya yang kuat tetapi berbobot ringan membuat plastik jadi bahan yang diandalkan. Sayangnya, sedikit dari kita yang dapat menyikapi secara bijak penggunaan plastik itu.

Alhasil, plastik sekali pakai biasanya akan berakhir di pembuangan akhir dengan sia-sia. Jika kita ingin sedikit niat dan modal, kita dapat menggunakan bahan plastik yang ada di rumah untuk kreasi kerajinan tangan bernilai ekonomis.

Daur Ulang Kertas Bekas

Dalam memulai ide bisnis dari sampah daur ulang, Anda dapat mencari kertas bekas. Seperti diketahui kertas menjadi sampah yang cukup memprihatinkan.

Untuk memulainya, kumpulkan kertas dan sulap menjadi kertas baru. Anda dapat memanfaatkan produk dengan membuat buku harian berbahan dasar kertas bekas. Minimal jika tidak mau repot, kertas bekas dapat diubah jadi kertas kado.

Dalam memprosesnya, ubah kertas bekas itu menjadi bubur lalu diratakan tipis-tipis sehingga membuat produk baru sesuai keinginan.

Kerajinan Kulit Telur

Ide bisnis dari sampah daur ulang setelah itu kulit telur. Meskipun sebagai sampah rumah tangga yang dianggap lebih ramah lingkungan, Anda dapat memanfaatkan limbah kulit telur untuk menjadi pupuk atau kerajinan tangan.

Walau bukan menjadi bahan khusus, kulit telur bisa menjadi aksesoris untuk menghias perabotan berbahan dasar tanah liat atau keramik. Caranya juga tidak sulit.

Anda dapat menghias vas bunga berbahan dasar keramik. Kulit telur yang kamu kumpulkan barusan dicuci bersih dengan sabun lalu dijemur sampai benar-benar kering.

Sesudahnya, Anda dapat memecahkan kulit telur menjadi potongan kecil. Tetapi, pada bagian ini diusahakan untuk tidak terlalu kecil sehingga kamu akan lebih mudah dalam menggunakannya. Bagian dalam kulit telur diberi lem putih dan tinggal ditempelkan ke barang keramik. Polanya tidak harus teratur.

Daur Ulang Kain


Ilustrasi Sampah Daur Ulang. (okezone.com)

Kain sebagai salah satu penyumbang tingginya sampah di TPA. Kain itu jadi sampah bersusun dan tidak termanfaatkan.

Dalam mendaur ulang kain menjadi barang baru banyak manfaatnya. Anda berbagai model kreasi yang dapat kamu buat. Sebagai contoh kamu mungkin dapat membuat selimut dari kain perca, atau tas, atau bisa jadi sarung bantal.

Disamping itu, Anda dapat membuat baju dari orang-orang tersayang atau sekadar baju lama mereka yang tidak terpakai kembali. Anda dapat memanfaatkannya dengan menjahit dan menjadi sebuah barang baru.

Pemanfaatan Kayu Bekas

Ide yang ini mungkin lebih susah tetapi banyak diinginkan beberapa orang. Memanfaatkan kayu sisa seperti sisa peti kayu dapat digunakan untuk bahan membuat perabotan rumah tangga. Mulai dari alas tempat tidur, kursi, meja, sampai rack buku dapat kamu wujudkan dari bahan kayu sisa ini.

Jika Anda tidak mempunyai kemampuan teknis untuk membuat sendiri, Anda dapat menyewa tukang kayu untuk mengerjakannya. Tugasmu ialah membuat desain atau sedikitnya mencarikan gambar referensi seperti apa bentuk perabotan yang ingin kamu buat.

Biaya pembuatan perabotan dari kayu sisa ini tidak begitu mahal tetapi kamu dapat menjualnya dengan menyisipkan keuntungan bagimu.

Itulah lima ide bisnis dari sampah daur ulang yang dapat Anda coba. Semoga informasi ini berguna untuk Anda.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut