get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Kenali 8 Pemicu yang Bikin Tubuh Berkeringat Lebih Dengan Mudah 

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 13:29 WIB
header img
Tubuh Berkeringat Lebih. (okezone.com)

3. Tabir surya

Setelah memakai tabir surya, Anda akan merasa berkeringat. Hal itu bukan karena oleh suhu luar yang panas, tapi tabir surya membuat penghalang pada kulit yang membuat keringat sulit menerobos lapisan penghalang itu dan membuat Anda berkeringat kegerahan.

Keringat keluar melalui kelenjar di kulit dan tidak dapat keluar bila tertahan oleh lapisan tabir surya. Tetapi lebih baik menggunakan tabir surya bila harus ada di bawah terik sinar matahari untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet yang menyebabkan kanker kulit.

4. Makanan Pedas

Makan makanan pedas bisa meningkatkan produksi keringat. Otak Anda sebetulnya bereaksi pada capsaicin, zat yang membuat cabe bersifat panas yang bisa mengaktifkan kerja kelenjar keringat. Namun, tidak semua orang mempunyai reaksi yang sama pada makanan pedas.

5. Premenstruation Syndrome (PMS)


Tubuh Berkeringat. (okezone.com)

Pada beberapa wanita, tingkat estrogen yang turun begitu rendah pada hari-hari sebelum menstruasi bisa menyebabkan seorang merasa kepanasan. Walau hal lebih sering terjadi pada wanita perimenopause, tapi juga dapat terjadi pada wanita yang kadar hormonnya berubah-ubah secara dramatis.

6. Minuman beralkohol

Beberapa ahli menyatakan jika alkohol justru membuat Anda panas melalui proses yang disebutkan vasodilatasi, yaitu pelebaran pembuluh darah yang meningkatkan temperatur kulit. Pada gilirannya, otak mengirim sinyal ke kelenjar keringat untuk melakukan pendinginan tubuh melalui berkeringat.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut