get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Wajib Tahu, 5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 06:20 WIB
header img
Manfaat Minyak Zaitun. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Sering menggunakan minyak zaitun, tapi tak tahu manfaat dari minya zaitun? Manfaat minyak zaitun tidak perlu diragukan kembali. Minyak zaitun sebagai minyak yang dibuat dari buah pohon zaitun, tanaman tradisional ini ditemukan di wilayah Mediterania.

Manfaat minyak zaitun sudah dimanfaatkan untuk memasak, perawatan kecantikan, bahan bakar lampu, sampai pengobatan. Minyak zaitun sudah dianggap sebagai lemak sehat karena kandungan asam lemak tidak jenuh tunggal dan antioksidannya yang melimpah.

Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun ini sangat bermanfaat untuk melindungi badan dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun yang lebih maksimal, kamu dapat pilih minyak zaitun extra virgin yang mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan minyak zaitun jenis yang lain.

Dikutip dari Medical News Today, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyebutkan 1 sendok makan minyak zaitun mengandung nutrisi yang melimpah.

Minyak zaitun sebagai salah satu jenis minyak sehat dan baik untuk kesehatan. Beragam kandungan nutrisi dan antioksidannya, ada beberapa manfaat minyak zaitun yang dapat didapatkan. Apa saja ?

5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah stroke

Manfaat minyak zaitun yang ke-3 adalah mencegah stroke. Sebuah tinjauan besar pada penelitian yang melibatkan 841.000 orang menemukan, minyak zaitun ini ialah satu-satunya sumber lemak tidak jenuh tunggal yang terkait dengan penurunan resiko penyakit jantung dan stroke.

Dalam tinjauan yang lain melibatkan 140.000 peserta, memakai minyak zaitun terbukti efektif mengurangi risiko stroke.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat minyak zaitun yang pertama ialah menurunkan kadar kolesterol. Mengganti asupan lemak jenuh atau lemak yang dari hewan dengan minyak zaitun bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL pada pengidap kolesterol tinggi.

Disamping itu, manfaat minyak zaitun bisa juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung. Selainnya minyak zaitun, minyak sehat lain seperti minyak konola dan minyak kelapa murni memiliki manfaat yang sama.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut